Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

22.258 Wisatawan Saksikan Festival Perang Air di Selatpanjang Meranti

Kamis, 01 Maret 2018

Sejumlah wisatawan asing mengikuti Festival Perang Air di Selat Panjang. (Foto:Antara)

MERANTI-Festival Perang Air (Cian Cui) 2018 berlangsung di Kota Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. Sejak dimulai hingga berakhir, 22 Februari 2018 lalu, tercatat ada 22.258 wisatawan Nusantara dan mancanegara menyaksikan fastival tahunan tersebut.

"Jumlah wisatawan mancanegara mencapai 3.589 orang, sedangkan wisatawan Nusantara 18.669 orang," kata Ketua Festival Perang Air 2018, Uyung Permadi Salis, Selasa (27/2/2018)  di Selatpanjang.

Jumlah wisatawan yang hadir melebihi target Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, yaitu 21 ribu wisatawan Nusantara dan mancanegara pada tahun ini. Menurut Uyung, jumlah penduduk lokal di Selatpanjang yang mengikuti Festival Perang Air mencapai 16.742 orang. Dengan begitu, secara keseluruhan Festival Perang Air 2018 diikuti oleh sekitar 39.000 perserta.

Selatpanjang merupakan kota di pesisir Riau yang selalu ramai saat perayaan Imlek karena sebagian besar populasi penduduknya adalah keturunan Tionghoa. Namun, perayaan Imlek di Selatpanjang berbeda dengan kota lainnya karena ada tradisi perang air, atau yang dalam sebutan setempat Cian Cui.

Pemerintah Kabupaten Meranti mengemas Cian Cui sebagai festival sejak 2013. Tradisi perang air itu berlangsung setiap sore selama enam hari sejak Imlek, yang pada tahun ini jatuh pada 16 Februari 2018.

Perang Air tersebut berawal dari permainan anak-anak setempat saat Imlek, dan tidak terkait ritual sehingga semua lapisan masyarakat bisa ikut meramaikannya.

Kata Uyung, rata-rata wisatawan mengikuti festival ini pada Imlek ketiga hingga puncaknya pada 22 Februari. Wisatawan mancanegara yang hadir di antaranya berasal dari Afrika Selatan, Inggris, Jamaika, Thailand, Singapura, Malaysia dan Taiwan.

Sementara itu, wisatawan Nusantara dari luar Riau yang hadir di antaranya berasal dari Bandung, Jakarta, Jambi dan Papua. (antara)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus