Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Hukum

240 Siswa SPN Pekanbaru Dilantik, Kapolri: Hindari Perbuatan yang Menjatuhkan Kehormatan

Selasa, 06 Maret 2018

Wakapolda Riau Brigjen Pol Ermi Widyatno saat pelantikan.(Foto: Humas)

PEKANBARU-Kepolisian Daerah (Polda) Riau menggelar Upacara Penutupan, Pelantikan Serta Pengambilan Sumpah Pendidikan Pembentukan Bintara Polri TA 2017/2018, Selasa pagi(6/3/2018). Upacara digelar di halaman Sekolah Polisi Negara (SPN) Jalan Pattimura Pekanbaru.

Upacara yang dipimpin langsung oleh Wakapolda Riau, Brigjen Pol Ermi Widyatno tersebut dihadiri oleh pejabat utama Polda Riau, Danrem 031 Wira Bima, Wakajati Riau, Asisten I pemprov Riau, Perwakilan Danlanud Wadan POM, Ketua KPU Riau, Jajaran Kapolres, para orang tua Siswa, beserta 240 personil yang akan disumpah sebagan Bintara Polri.

Wakapolda saat menyampaikan kata sambutan Kapolri menyebutkan, kondisi terkini perlu disadari bersama, kompleksitas tantangan tugas yang dihadapi oleh Polri saat ini tidak dapat dipisahkan dari dua fenomena besar dalam kehidupan manusia.

Demokratisasi yang melanda dunia, telah memberikan  ruang yang lebih luas bagi setiap orang untuk terlibat aktif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Realitas ini membawa dampak terhadap keberadaan hak berpolitik, kebebasan menyampaikan pendapat, disertai tuntutan akan HAM dan supremasi hukum.

Pada waktu yang bersamaan, globalisasi yang terjadi juga telah membuat dunia menjadi tanpa batas (borderless) dan menghasilkan perubahan besar dalam semua aspek kehidupan manusia (revolution in all affairs).

Pada aspek keamanan memunculkan beberapa implikasi negatif di masyarakat, seperti munculnya ragam kejahatan berdimensi baru, mencuatnya nilai nilai primordial yang berlatar belakang kesukuan maupun keagamaan serta pemanfaatan negatif dari media sosial maupun media online untuk penyebaran ujaran kebencian (hatespeech), hoax dan pencemaran nama baik.

Kepada Bintara Polri yang baru saja dilantik, Kapolri mengharapkan personel senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada tuhan sebagai landasan moral dalam berpikir, bersikap, dan bertindak, baik dalam tugas kedinasan maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Selanjutnya mengamalkan nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya, menjalin komunikasi dan kerja sama sinergis dengan masyarakat dan TNI.

"Jadilah teladan bagi masyarakat, hindari perbuatan yang dapat menjatuhkan kehormatan diri, keluarga, dan organisasi Polri," kata Wakapolda.(r/andi affandi)


Berita terkait :

    Terkini
    Terpopuler



     
    situs portal berita riau
    fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus