Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Pendidikan

2.500 Siswa dan Guru Goro Bersama di Hari Peduli Sampah Nasional

Selasa, 20 Februari 2018

Kadis Lingkungan Hidup Kuansing Jeprinaldi. (Foto:Jhon/FokusRiau.Com)

KUANSING-Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kuantan Singingi, Riau memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), 1 Maret 2018 mendatang dengan beberapa rangkaian kegiatan yang bertujuan untuk mengajak masyarakat peduli akan pentingnya kebersihan. 

Hal itu terungkap setelah Kadis Lingkungan Hidup Jeprinaldi menggelar rapat bersama instansi terkait sempena persiapan menyongsong HPSN, Senin (19/2/2018) di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Kuansing.

Sekira 12 tahun lalu, tepatnya 21 Februari 2005, longsoran TPA di Leuwigajah Jawa Barat menelan ratusan korban meninggal dan dua kampung adat hilang dari peta. Setelah itu, 21 Februari diperingati sebagai Hari Peduli Sampah Nasional. Sehingga pemerintah menargetkan dapat bersih dari sampah tahun 2020.

Bersempena Hari Peduli Sampah Nasional, Kabupaten Kuansing akan meresmikan TPS3R di Sungai Jering, Goro bersama sekolah di Kuantan Tengah dan SD Cerenti Subur. "Kegiatan akan diawali di semua SLTA, SMP, SD dengan menyertakan murid dan guru, mulai dari sekolah memungut sampah di sepanjang jalan, termasuk membersihkan TPS liar," ujar Mantan Camat Pangean tersebut.

Selanjutnya sampah tersebut dibuang ke mobil sampah yang sudah disiapkan di Limuno. Untuk mengetahui berapa banyak hasil pengumpulan sampah, nantinya akan ditimbang di TPA. Demi kelangsungan acara tersebut, diimbau kepada seluruh kepala sekolah dan guru untuk membiasakan peserta didik peduli terhadap lingkungan. 

"Minimal saat mereka berangkat sekolah bisa membawa sampah rumah, seperti kertas dan plastik untuk dikumpulkan di sekolah, seterusnya sekolah bisa membuat kerjasama dengan TPS3R yang ada di Teluk Kuantan," ujarnya.

Dikatakan, sebanyak 2.500 siswa dan guru akan ikut dalam gotong royong yang juga menyediakan doorprize itu. Doorprize merupakan bentuk kepedulian dari sejumlah perusahaan yang ada di Kuansing, termasuk perbankan. (jhon hendri)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus