Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Utama

285 Hektare Lahan di Riau Ludes Terbakar, Kabupaten Siak Paling Luas

Selasa, 18 Februari 2020

Karhutla di Riau terus berlangsung. (Foto: Ilustrasi)

PEKANBARU-Sejak Januari 2020 sampai sekarang, luas lahan terbakar di Riau sudah mencapai 285,07 hektare. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Senin (17/2/2020) mendata, Kabupaten Siak merupakan wilayah paling luas dilanda kebakaran lahan, yakni 98,47 hektare.

Selanjutnya lahan di Kabupaten Bengkalis seluas 66,4 hektare, Inhil seluas 46,1 hektare disusul Kota Dumai 32,35 hektare. Kemudian Kabupaten Inhu seluas 21,50 hektare, Meranti 8,5 hektare, Pelalawan 5 Hektare, Pekanbaru 3 hektare, Kampar 2,5 hektare dan Rohil 1,25 hektare.

"Sedangkan Kabupaten Kuansing dan Rohul sejauh ini masih nihil dan belum ditemukan adanya kasus karhutla," kata Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger.

Dijelaskan, pasca penetapan status Siaga Darurat Karhutla Riau tahun 2020, Pemerintah Provinsi Riau sudah mengusulkan bantuan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) kepada pemerintah pusat, yakni Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

Dia beharap, bantuan TMC segera datang mengingat saat ini potensi awan Riau untuk menyemai garam dengan TMC masih ada. "Mudah-mudahan paling lambat awal Maret bantuan TMC sudah masuk ke Riau, karena masih ada potensi awan di Riau yang bisa disemai," kata Edwar.

Untuk mengatasi Karhutla, Provinsi Riau sudah diusulkan BNPB untuk dilaksanakan TMC. TErhadap tawaran itu, Gubernur Syamsuar sudah mengirim surat ke BNPB pasca penetapan status Siaga Darurat Karhutla dan meminta Riau diprioritaskan selagi awan di Riau baik untuk dilaksanakan TMC.

Untuk itu, dalam satu dua hari ini BPBD Riau akan koordinasi dengan BNPB terkait bantuan TMC itu. "Kemarin kita sudah sudah koordinasi dengan BNBP, dan BNPB sedang memproses usulan kita di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi, karena untuk TMC dari BPPT," ujar Edward.

Selain itu, untuk bantuan peralatan sudah ada dari BNPB untuk penanganan Karhutla Riau. "Peralatan sudah ada dari BNPB. Kita juga sudah mendistribusikan peralatan itu ke kabupaten/kota. Kemudian kita minta daerah untuk bersiap untuk mengantisipasi Karhutla," tukasnya. (*)



Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus