Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Nasional

300 Petak Toko di Pasa Ateh Bukittinggi Pagi Tadi Ludes Terbakar

Senin, 30 Oktober 2017

Api membumbung tinggi ka kawasan petak toko. (Foto:Tribunnews)

BUKITTINGGI-Sekitar 300 petak toko di kawasan Pasa Ateh atau Pasa Tingkek Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), Senin pagi sekitar pukul 06.00 Wib ludes terbakar. Api dengan cepat membubung tinggi dan menjalar akibat banyaknya bahan yang mudah terbakar milik pedagang.

"Rasanya lebih dari 300 petak toko terbakar. Sebab pada bagian depan Lantai III A, bagian belakang lantai II Blok B dan C tampaknya dijalari api," kata Kepala Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Pemko Bukittinggi M. Idris, pagi tadi.

Sementara itu, Petugas Keamanan dari Persatuan Pengurus Pedagang Pasar Bertingkat Ed menyebutkanm angka yang lebih besar. "Mungkin sekitar 350-an kena. Sementara jumlah toko di Pasa Ateh dari lantai atas dan bawah ada 786, jadi dampaknya sangat besar sekali," ulasnya dikutip fokusriau.com dari klikpositif.

Dikatakan, kebakaran bermula dari percikan api dari sebuah gardu listrik berukuran kecil di Blok C Lantai II sekitar pukul 06.00 WIB. "Ada percikan api yang langsung menjalar di bagian atas dinding tanpa bisa dicegah," katanya.

Selanjutnya, dia bersama rekan-rekannya yang lain sudah mencoba memadamkan dengan racun api namun gagal. "Tadi kita coba dengan 13 racun api. Yang nyala hanya 12," ungkapnya.

Saat ini, api sudah bisa terkendalikan setelah sejumlah Damkar dari berbagai daerah turun ke lokasi. Sejauh ini, belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut. Sedangkan ratusan pedagang pemilik toko dan masyarakat masih berkumpul melihat petugas Damkar memadamkan api. (boy surya hamta)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus