Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Nasional

3.000 Jamaah Thoriqoh Al-Mutabaroh An-Nahdliyyah Rayakan Idul Adha Hari Ini

Selasa, 13 Agustus 2019

Jamaah horiqoh Al-Mutabaroh An-Nahdliyyah. (Foto:Detikcom)

MAGETAN-Sekitar 3.000 Jamaah Thoriqoh Al-Mutabaroh An-Nahdliyyah yang tersebar di empat kecamatan di Magetan, hari ini baru merayakan Idul Adha. 

"Kita memang baru melaksanakan salat Idul Adha hari ini. Untuk Magetan lebih dari 3.000 yang ikut aliran Thoriqoh Al-Mutabaroh," kata pimpinan Thoriqoh Kiai Imam Mahdi, Selasa (13/8/2019).

Jamaah tersebut tersebar di Kecamatan Takeran, Bendo, Nguntorobadi, dan Kawedanan. Pelaksanaan salat Idul Adha diarahkan di masing-masing wilayah. "Kalau salatnya (Idul Adha) kita arahkan di wilayah masing-masing. Jadi tidak terfokus di satu lokasi. Kalau di tempat saya Masjid Nurul Huda, sekitar 400 yang ikut salat Idul Adha," imbuhnya.

Mahdi menyampaikan, jamaah Thoriqoh Al-Mutabaroh An-Nahdliyyah atau Thoriqoh Satyoriah memiliki pedoman sendiri dalam menghitung penanggalan Islam. Penanggalan mereka dengan milik pemerintah berselisih 1-2 hari.

"Aliran Thoriqoh Satyoriah di sini sudah ada sebelum 1987. Pengikutnya pun dari berbagai kalangan, seperti perangkat desa, termasuk kades, bahkan ada juga dari anggota kepolisian," ujarnya.

Salat Idul Adha di Masjid Nurul Huda, Dusun Sana, Desa Pingkuk, Kecamatan Bendo, dimulai pukul 06.45 WIB. Di depan halaman masjid tampak 14 ekor kambing yang akan disembelih. "Biasanya penyembelihan sampai tiga hari ke depan. Nanti yang mau berkurban daftar biasanya," tambahnya.

Seusai salat Idul Adha, jemaah melanjutkan dengan tasyakuran makan nasi bersama. Tampak pula petugas kepolisian dari Polsek Bendo memantau jalannya salat Idul Adha.

Kades Pingkuk Ajis Santoso membenarkan adanya ratusan warga yang baru melaksanakan salat Idul Adha. Kepercayaan mereka telah diketahui pihak Muspika dan Muspida Magetan. "Ya itu keyakinan mereka, baru hari ini melaksanakan salat Idul Adha. Semua diketahui pemerintah dan aparat. Tetap saling menghormati," kata Ajis.

Polres Magetan melakukan pemantauan dan pengamanan di masjid empat kecamatan yang baru melaksanakan salat Idul Adha. "Kita tetap menghormati siapa pun yang melaksanakan ibadah. Termasuk hari ini kita libatkan sekitar 70 anggota tersebar di empat polsek memantau dan mengamankan aliran Thoriqoh Satyoriah yang baru salat Idul Adha hari ini," kata Kapolres Magetan AKBP Muhammad Rifai. (*)





Editor: Evi Endri
Sumber: Detikcom


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus