Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

31 Anggota Dewan Sepakat Pilih Adik Mantan Gubernur Kepri HM Sani Sebagai Wagub

Kamis, 07 Desember 2017

Isdianto terpilih sebagai wakil gubernur. (Foto:Indra/FokusRiau.Com)

TANJUNG PINANG-Adik kandung mantan Gubernur Kepri HM Sani dipilih secara aklamasi sebagai Wakil Gubernur Kepri yang ditinggalkan Nurdin Basirun dan sekarang menjadi gubernur, pasca wafatnya HM Sani karena sakit.

Isdianto sebelumnya menjabat sebagai Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Kepri dan menang aklamasi pada paripurna akhir pemilihan wakil gubernur yang berlangsung di Gedung DPRD Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Kamis (7/12/2017).

Isdianto dipilih 31 anggota dewan yang hadir dari total 45 anggota dewan. Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak menyampaikan, berdasarkan hasil kerja panitia khusus pemilihan wakil gubernur Kepri, terdapat dua nama yang diusulkan Gubernur Kepri, yaitu Isdianto dan Agus Wibowo.  

Di tengah perjalanan, Agus yang juga Wakil Ketua DPRD Bintan ini dinyatakan mundur, karena tidak memenuhi persyaratan pencalonan. “Hanya Isdianto yang lengkap, berkas Agus Wibowo sudah ditunggu,” kata Jumaga ketika memimpin rapat paripurna DPRD Kepri, tadi siang.

Sementara itu, juru Bicara Pansus Pemilihan Wagub Kepri Sahat Sianturi mengatakan, saat ini sudah terjadi kekosongan kursi Wagub Kepri sejak dilantiknya Gubernur Nurdin Basirun menggantikan almarhum HM Sani. Sejak itulah, Gubernur perlu didampingi wakil gubernur untuk meringankan beban kerjanya.

“Apakah anggota DPRD Kepri setuju memilih Isdianto sebagai Wakil Gubernur Kepri secara aklamasi,” ujarnya bertanya ke anggota DPRD Kepri peserta Rapat Paripurna Penetapan Wagub Kepri. Lantas, dijawab setuju oleh seluruh anggota DPRD Kepri yang hadir pada kegiatan tersebut.

Setelah Sahat menyampaikan Laporan Akhir Pansus, Jumaga Nadeak menetapkan Isdianto sebagai wakil gubernur dengan masa jabatan 2016-2021. Sebelumnya, 31 anggota DPRD Kepri yang hadir setuju aklamasi.

Sekretaris DPRD Kepri Kepri Hamidi kemudian mencatat dan menetapkan Isdianto sebagai Wakil Gubernur Kepri dan akan melaporkan ke Presiden. Dalam paripurna tersebut, Gubernur Kepri Nurdin Basirun tak hadir, konon info yang didapat fokusriau.com, karena ada kegiatan penyerahan DIPA Kepri oleh Presiden Jokowi di Jakarta.

Dalam paripurnapan Wakil Gubernur Kepri yang  dijaga ketat ratusan aparat kepolisian dan TNI itu, juga dihadiri sejumlah bupati dan walikota di Kepri. (indra h  piliang)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus