Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Politik

3.457 Warga Binaan dan Narapidana di Riau Besok Bakal Ikut Mencoblos

Selasa, 16 April 2019

Ilustrasi tahanan memberikan hak suaranya. (Foto:Tribunews)

PEKANBARU-Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Riau menyatakan, sebanyak 3.457 warga binaan yang terdiri dari narapidana dan tahanan sudah terdaftar dan bisa memberikan hak pilihnya, 17 April besok.

"Untuk Riau ada 3.457 warga binaan yang telah terdaftar sebagai daftar pemilih tetap atau DPT," kata Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Riau Surung Pasaribu, Selasa siang di Pekanbaru.

Dikatakan, seluruh warga binaan tersebut berasal 13 lembaga pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan (Rutan) yang tersebar di seluruh wilayah Riau. Dirincikan, untuk Lapas Kelas IIA Bengkalis merupakan lembaga dengan jumlah DPT terbanyak di Riau. 

Sebanyak 1.394 warga binaan terdaftar sebagai pemilih di Lapas yang berlokasi di pesisir Riau tersebut. Selanjutnya, Lapas Kelas IIA Pekanbaru menempati urutan kedua dengan warga binaan terbanyak yang memiliki hak suara, dengan 364 pemilih.

"Untuk di Bengkalis memang mayoritas warga binaan merupakan warga setempat sehingga banyak dari mereka yang memiliki hak pilih. Berbeda dengan di Pekanbaru yang mayoritas warga binaan merupakan warga luar," ujarnya.

Kemudian cabang Rutan Bagan Siapi-Api Rokan Hilir 281 pemilih, Rutan Klas II B Rengat 168 pemilih, cabang Rutan Taluk Kuantan 164 pemilih, Lapas Kelas IIA Tembiahan 210 pemilih.

Untuk Rutan Klas IIB Siak 112 pemilih, Cabang Rutan Selat Panjang 114 pemilih, Rutan Kelas IIB Dumai 33, Rutan Klas IIB Pekanbru 17 pemilih, dan terakhir Lapas Kelas IIA Perempuan Pekanbaru 17 pemilih. (*)





 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Antara


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus