Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

35 Hektare Sawah Warga Inhu Terendam Banjir, Edi: Petani Butuh Bantuan Benih

Senin, 04 Juni 2018

Padi petani terendam banjir. (Foto:Istimewa)

INDRAGIRI HULU-Sekitar 35 hektare sawah petani di Desa Redang, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Inhu, Riau terendam banjir. Padahal, sawah yang terendam tersebut sudah ditanami padi dan baru berumur sekitar satu bulan saja. Akibatnya, masyarakat petani merugi sebab padi rusak.

Demikian disampaikan Kepala Desa Redang Edi Suparman kepada FokusRiau.com, Senin (4/6/2018) di Pematangreba. Menurutnya, padi sawah yang terendam banjir sudah berumur hampir satu bulan.

Tanaman padi seluas 35 hektare tersebut berada di Dusun Sri Tanjung, Desa Redang diketahui milik 70 petani. Kini Harapan masyarakat untuk bisa panen tiga bulan ke depan untuk menutupi biaya hidup mereka menjadi sirna. "Sekarang harapan mereka sirna. Padi yang ditanam sudah membusuk akibat terendam banjir," ujar Edi.

Ditgaskan, terendamnya padi petani akibat luapan Sungai Indragiri dampak dari tingginya curah hujan, beberapa hari terakhir. Saat ini, aparat Desa Redang sedang melakukan pendataan lahan petani yang terendam banjir. "Kita minta Dinas Pertanian dan Perikanan Inhu menyalurkan bantuan benih demi membantu petani bisa menanam ulang petani yang sudah membusuk akibat banjir," pintanya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Inhu Paino melalui Kabid Tanaman Pangan Hortikultura Yasma Indra mengatakan, pihaknya telah memonitor lahan pertanian masyarakat yang terendam banjir, termasuk lahan petani Desa Redang.

"Untuk bantuan benih saat ini masih ada persediaan, termasuk bantuan benih dari pusat juga masih ada. Hanya tinggal menunggu usulan kelompok tani yang membutuhkan dengan melengkapi syarat seperti legalitas pendirian kelompok taninya dan luas lahan. Setelah itu bantuan akan disalurkan," ungkap Yasman. (*)



Penulis: Obrin
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:57:13 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:51 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:50 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:49 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:49 WIB



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus