Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Pendidikan

36 Perguruan Tinggi Islam Swasta Riau dan Kepri Berlaga di Ajang PIOS IV Batam

Minggu, 22 Oktober 2017

Ketua Panitia PIOS PTKIS VI DR. Sumianti MM. (Foto:Indra/FokusRiau.Com)

BATAM-Kota Batam ditunjuk sebagai tuan rumah Pekan Ilmiah, Olahraga dan Seni (PIOS) VI untuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) di Kopertis Wilayah 12 Riau dan Kepri. Ivent tersebut diikuti 36 perguruan tinggi Islam swasta di Riau dan Kepulauan Riau, 23-28 Oktober 2017.

“Kota Batam pertama kali ditunjuk sebagai tuan rumah PIOS PTKIS. Pesertanya berasal dari 36 PTKIS dengan total peserta 1.045 orang,” kata Ketua Panitia PIOS PTKIS VI DR. Sumianti MM sekaligus Ketua STAI Ibnu Sina Batam kepada fokusriau.com di Kampung Pelita, Batam, Sabtu (21/10/2017).

Dijelaskan, acara tersebut terdiri dari berbagai lomba, mulai lomba ilmiah sampai olahraga dan seni. Sedangkan untuk kategori ilmiah, ada lomba paralel sesion yang hanya diikuti oleh dosen, LKIM (lomba karya ilmiah mahasiswa), debat ilmiah dan M2KQ. “Cabang olahraga yang diperlombakan tenis meja, sepak takraw dan bola voli yang diikuti mahasiswa dan mahasiswi. Sedangkan pertandingan catur dan  bulutangkis hanya diikuti oleh dosen di wilayah Riau dan Kepri,” ulasnya. 

Diungkapkan, untuk kategori seni yang dipertandingkan lomba menulis kaligrafi, syarhil Quran, dan bersyair. Selain itu, ada juga dua pertandingan yang hanya diikuti  dosen yaitu stand up komedi dan balas pantun. “Hadiahnya berupa piala dan sertifikat. Sedangkan bagi yang kontingen yang mendapat juara umum pada PIOS ini mendapatkan piala dari bapak Wali Kota Batam  dan piala bergilir dari Kompertis wilayah Riau dan Kepri,” paparnya.

Kegiatan berlangsung di Asrama Haji, Masjid Raya Batam dan Alun-Alun Engku Putri. Sedangkan untuk cabang olahraga digelar di Sekolah Harapan Utama, GOR Orchid Park dan Kantor Pemuda dan Olahraga Kota Batam. (indra h piliang)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus