Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Berita Islami

393 JCH Kloter Pertama Embarkasi Kota Padang Bertolak ke Madinah

Minggu, 07 Juli 2019

Ilustrasi pemberangkatan jamaah calon haji. (Foto:Istimewa)

PADANG-Embarkasi Padang, Sumatera Barat mulai memberangkatkan 393 orang jamaah calon haji (JCH) kelompok terbang (kloter) pertama, Minggu (7/7/2019). Pemberangkatan berlangsung melalui Bandara Internasional Minangkabau (BIM) di Padang Pariaman, pukul 07.20 WIB tadi. 

Mereka diterbangkan dengan pesawat maskapai Garuda menuju Bandar Udara Interasional King Abdul Aziz Madinah, Arab Saudi. "Kloter pertama dari embarkasi Padang sudah berangkat tadi pagi. Semua jamaah dalam keadaan sehat dan antusias melaksanakan rukun Islam ke lima," kata Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Barat Hendri, Minggu siang.

Hendri menyebut, kloter pertama ini semuanya yang berasal dari Kota Padang. Besok kata Hendri pihaknya akan memberangkatkan jamaah dalam kloter kedua dari Pasaman Barat.

Untuk kloter kedua ini kata Hendri sudah masuk ke asrama haji Padang. Nanti malam akan dilepas secara resmi oleh Kemenag dan besok diterbangkan ke Madinah dari BIM.

Hendri yang hadir melepas jamaah dari BIM pagi ini bersama Komisi VIII DPR RI, Asli Chaidir melihat jamaah sudah mantap berangkat ke tanah suci. Sebelumnya para calon jamaah haji, kata Hendri, sudah dibekali dengan manasik oleh Kemenag sejak dari tingkat kecamatan sampai tingkat kabupaten. Para jamaah tambah Hendri juga sudah melewati pemeriksaan kesehatan.

Saat pemberangkatan haji ini kata Hendri ada jamaah yang harus digendong oleh patugas karena tidak sanggup naik tangga ke atas pesawat. Hendri menyebut para petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) embarkasi Padang akan selalu membantu jamaah supaya lancar melaksanakan ibadah sampai kembali lagi ke tanah air. "Petugas siap, sigap, semuanya luar biasa, telaten menangani jamaah haji," ujar Hendri. (*)





 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Republika


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus