Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Utama

4.086 Pelajar SMP/MTs Bersiap Mengikuti Ujian Nasional

Minggu, 21 April 2013


DUMAI-Sebanyak 4.086 siswa dari 49 SMP/MTs di Kota Dumai bersiap mengikuti ujian nasional utama yang akan berlangsung empat hari, Senin-Kamis (21-25/4) mendatang. Dari jumlah yang ada, sebanyak 2.791 siswa berasal dari 20 SMP/MTs Negeri dan 1.295 siswa lainnya dari 29 SMP/MTs Swasta dengan 205 ruang ujian dan akan diawasi 410 pengawas menggunakan sistem silang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Dumai, Sya’ari melalui Ketua Panitia UN SMP/MTs, Ridwan mengatakan, pelaksanaan UN tahun ini digelar di 49 sekolah penyelenggara tersebar di Kota Dumai dan diikuti 4.086 pelajar SMP sederajat yang tergabung dalam 205 ruang dengan 410 pengawas ruang silang. “Mereka siap mengikuti ujian. Sebelumnya mereka semua sudah mengikuti berbagai persiapan, seperti try out, terobosan dan bimbingan belajar. Mudah-mudah dengan berbagai persiapan itu, tingkat kelulusan kita bisa seratus persen sesuai harapan,” papar Ridwan, Minggu (21/4).

Dari semua siswa SMP sederajat yang duduk dikelas akhir dan yang akan mengikuti ujian tahun ini, menurut Ridwan, mayoritas pernah mengikuti try out yang diselenggarakan Dinas Pendidikan, pihak sekolah ataupun luar sekolah secara bergantian.

Ridwan yang juga Kepala Bidang Mutu Pendidikan dan Tenaga Pendidik Dinas Pendidikan Dumai ini mengimbau seluruh peserta untuk tidak stres dalam menghadapi UN nantinya. Yang terpenting fokus dan percaya diri dalam menjawab soal. “Peserta jangan lupa untuk minta doa kepada orang tua agar lancar dalam menghadapi ujian,” ucapnya.

Kepada pihak sekolah, Ridwan meminta agar memberikan semangat kepada peserta didiknya supaya bisa menjalankan ujian dengan baik serta menjaga kerahasiaan soal. Sedangkan kepada orang tua diminta untuk terus memberikan memotivasi, mengawasi dan tidak memberikan beban berat pada anak–anaknya, agar peserta bisa fokus dan melaksanakannya dengan baik, jujur dan berprestasi.

“Untuk diketahui, ujian tahun ini tidak ada istilah paket soal. Yang ada para peserta ujian akan mendapatkan naskah berbeda. Misalnya dalam satu ruangan itu ada 20 peserta UN, maka naskah soal yang dibagikan ada 20 juga. Untuk itu, saya mengharapkan peserta ujian optimis bisa lulus UN dan percaya diri dalam menjawab semua soal,” harapnya.

Ridwan memastikan, ujian nasional perdana SMP Sederajat di Dumai bisa berjalan lancar. Karena semua naskah soal dan Lembar Jawaban Ujian Nasional (LJUN) untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia (hari pertama) dan Bahasa Inggris (hari kedua) telah tiba di Dumai, Sabtu (20/4) dini hari sekitar pukul 01.30 WIB.

Sedangkan naskah soal UN beserta LJUN untuk mata pelejaran Matematika (hari ketiga) dan IPA (hari keempat) hingga, Minggu (21/4) sore belum sampai. “Kita belum tau kapan sampainya untuk naskah soal beserta LJUN mata pelajaran Matematika dan IPA. Dalam waktu dekat akan sampai,” ujarnya. (dik)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus