Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Ekonomi

50 Persen Tenaga Kerja Pelindo Dumai Warga Tempatan

Rabu, 03 April 2013


DUMAI-Sekarang ini, PT Pelabuhan Indonesia I Cabang Dumai telah mempekerjakan 343 orang pekerja. Dari jumlah tenaga kerja yang ada, sebanyak 172 orang di antaranya merupakan penduduk lokal. Artinya, 50 persen pekerja di PT Pelindo Dumai adalah anak tempatan seperti amanat Perda 10 tahun 2004 tentang penempatan tenaga kerja.

Hal itu disampaikan Manager STI Pelindo Dumai, Denny Rahayu Santoso didampingi Manager Umum, Azrul Aziz kepada Kepala Dinas Tenaga Kerja Dumai, Amiruddin, Rabu (3/4) ketika mengunjungi Pelindo.

“Sekitar 50 persen tenaga kerja Pelindo I cabang Dumai adalah penduduk lokal. Sebanyak 171 orang mutlak hasil rekruitmen kantor pusat, sedangkan 172 pekerja lagi direkrut di Kota Dumai,” papar Deny.

Menurutnya, dalam waktu dekat pelindo akan menambah tenaga kerja untuk menutupi kebutuhan pegawai yang akan memasuki masa pensiun atau yang dimutasi ke daerah lain. “Sesuai komitmen perusahaan, kami akan memprioritaskan tenaga kerja lokal dalam merekrut tenaga kerja baru nantinya,” tukasnya.

Terhadap kondisi itu, KeEpala Dinas Tenaga Kerja Dumai, Amiruddin minta Pelindo untuk tetap memegang teguh komitmennya dalam merekrut tenaga kerja lokal sesuai Perda 10 Tahun 2004 yang mengamanatkan persentase rekruitmmen tenaga kerja 70 persen adalah tenaga tempatan dan 30 persen sisanya direkrut dari luar Dumai.

Pelindo sebelum melakukan penerimaan tenaga kerja baru juga diharapkan melapor kepada Disnaker serta mewajibkan pencari kerja yang melamar nantinya untuk mengurus kartu kuning atau kartu pencari kerja sebelum melamar ke Pelindo. Tujuannya, kata Amiruddin, supaya Disnaker memiliki data jumlah pencari kerja yang akurat.

Kepada Pelindo, Amiruddin berharap, dapat mengembalikan kartu kuning tersebut setelah yang bersangkutan diterima bekerja di Pelindo. Dengan demikian, kata Amiruddin, Disnaker bisa mencatat berapa orang yang sudah diterima bekerja.

Terakhir, Disnaker mengajak Pelindo untuk bekerjasama dalam program pelatihan untuk meningkatkan kompetensi pencari kerja. Tujuannya agar pencari kerja memiliki kemampuan dan skill mumpuni, sehingga menjadi tenaga kerja terampil dan siap pakai. (dik)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus