Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Pendidikan

81 Peserta UNPK C Gagal, 176 Peserta Tunggu Hasil

Minggu, 21 April 2013


DUMAI-Sebanyak 81 peserta Ujian Nasional Paket Kesetaraan atau UNPK C setara SMA, dinyatakan gagal oleh panitia Kota Dumai. Alasanya, ke-81 peserta dari 257 peserta yang sudah terdaftar mengikuti ujian gelombang pertama yang berlangsung tanggal 15-18 April lalu, tidak hadir mengikuti ujian di SD Negeri 004 Teluk Binjai.

"Sedangkan 176 peserta yang sudah mengikuti UNPK C, sekarang tinggal menunggu pengumuman hasilnya," kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Dumai, Sya’ari melalui Sekretaris UNPK C Dumai, H Syahrial kepada FokusRiau.Com, akhir pekan kemarin. Menurutnya, peserta UNPK C yang terdaftar sebanyak 257 peserta. Sedangkan yang hadir dan mengikuti ujian hanya 176 peserta. Jadi sisanya sebanyak 81 peserta tahun ini kita nyatakan gagal.

Dijelaskan, 176 peserta UNPK C berasal dari 11 Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang tersebar di 7 Kecamatan di Kota Dumai dan semua pesertanya merupakan jurusan IPS. Dimana untuk UNPK C jurusan IPS, mata pelajaran yang diujiakan adalah Pendidikan Kewarganegaraan, Bahasa Indonesia, Sosiologi, Geografi, Ekonomi, Bahasa Inggris dan Matematika.

“Ujian paket C yang telah berlangsung kemarin menggunakan 19 ruang dan diawasi 38 pengawas ruang dan satu pengawas dari Perguruan Tinggi yang telah ditunjuk serta satu orang polisi,” tukasnya.

Diakui, perbedaan UNPK C tahun ini dari tahun-tahun sebelumnya sangat banyak sekali, terutama jumlah naskah soal yang diberikan kepada peserta UNPK C. “Kalau tahun sebelumnya, jumlah paket soal hanya satu, sedangkan tahun ini jumlah naskah soal sama dengan jumlah peserta UNPK nya. Artinya, jika dulu dalam satu ruang naskah soal yang didapat peserta UNPK dengan peserta yang lainnya masih ada yang sama. Tapi tahun ini hal tersebut sudah tidak bisa dijumpai lagi, karena setiap peserta UNPK dalam satu ruang dan dengan ruangan lainnya tidak akan ada mendapatkan soal yang sama,” paparnya.

Selain itu, menurut Syahrial, UNPK tahun sebelumnya naskah soal diambil panitia UNPK tingkat kota ke Provinsi. Sedangkan tahun ini, naskah soal akan dikirimkan langsung kelokasi penyelenggara UNPK pihak Perguruan Tinggi yang telah ditunjuk yang dikawal langsung pihak kepolisian. “Dalam pengawasannya, saat UNPK berlangsung pihak perguruan tinggi ikut mengawasi peserta ujian. Begitu pula dengan kepolisian yang selalu siaga menjaga ketertiban selama berlangsungnya ujian. Padahal tahun lalu, ujian hanya diawasi panitia lokal dipantau Panitia Provinsi,” tukasnya.

Dikatakan, kepada peserta UNPK C yang telah mengikuti ujian untuk bersabar menunggu hasil pengumumannya sama dengan pengumuman hasil UN SMA sederajat. “Untuk itu, mari sama-sama berdoa agar semua peserta UNPK C tahun ini lulus sesuai harapan bersama. Kalaupun ada yang gagal, masih ada peluang untuk kembali mengikuti UNPK C gelombang kedua yang akan berlangsung tanggal 1 Juli 2013 mendatang,” tukasnya. (dik)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus