Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Politik

Ada Orang Meninggal Masuk DPT, Bawaslu Jambi Terpaksa Harus Verifikasi ke Kuburan

Sabtu, 15 September 2018

Bawaslu Jambi melakukan verifikasi data. (Foto:Dok.Bawaslu)

JAMBI-Kejadian ini bukan ziarah biasa. Karena kedatangan tim Bawaslu Jambi, siang itu ke Tempat Pemakaman Umum (TPU) Muaro Bungo, Jambi memiliki tujuan spesial berkaitan dengan upaya menciptakan Pemilu berkualitas yang bersih dan jujur.

Di TPU ini, Bawaslu Jambi datang untuk melaksanakan uji petik atau mengecek lapangan, sehubungan dengan masuknya laporan dari warga 'Sadar Pemilu' bahwa ada orang sudah meninggal masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Hal itu diakui salah satu Komisioner Bawaslu Jambi Fachrul Rozi. Menurutnya, pengecekan ke salah satu pemakaman di Bungo untuk menindaklanjuti adanya laporan data pemilih ganda dari Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) setempat. "Kami menemukan saat validasi ada warga yang sudah meninggal, tetapi masuk DPT di Kabupaten Bungo," kata Fachrul Rozi, Kamis (13/9/2018).

Paul (sapaan akrab Fachrul Rozi) menjelaskan, Bawaslu Jambi menemukan adanya perbedaan antara jumlah Berita Acara (BA) DPT dengan softcopy dalam bentuk exel. "Semestinya jumlah yang di dalam BA harus sama dengan jumlah (rekap by name by address) dalam bentuk exel," ujarnya.

Terkait temuan data pemilih ganda itu, Paul meminta KPU Jambi segera memperbaiki dan mencoret data ganda yang masuk dalam DPT. Hal itu untuk memastikan proses demokrasi di Indonesia benar-benar jujur, adil dan sesuai undang-undang.

Disebutkan, Bawaslu Jambi menemukan 56.073 data ganda pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu legislatif 2019. Data ganda tersebut menyebar hampir di seluruh daerah di Provinsi Jambi, yakni Kota Jambi terdapat 4.772 data ganda, Kabupaten Batanghari 7.382, Kabupaten Muarojambi 4.374. Lalu Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabbar) ada 4.082, Kabupaten Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) 1.739 dan Kabupaten Tebo 11.022.

Kemudian di Kabupaten Bungo terdapat 2.517, Kabupaten Sarolangun 7.395, Kabupaten Merangin 8.901, Kabupaten Kerinci 3.795 dan di Kota Sungaipenuh 94. Total jumlah data ganda di DPT mencapai 56.073. (*)


 
 
 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Suara.com


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus