Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Ekonomi

Agus Widayat Minta Perusahaan di Dumai Perhatikan K3

Senin, 01 April 2013


DUMAI-Wakil Walikota Dumai, H Agus Widayat minta seluruh perusahaan yang beroperasi di Kota Dumai untuk menggiatkan program keselamatan dan kesehatan kerja atau K3. Tujuannya untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat dan terjamin dari segi keselamatan pekerja.

Beberapa kasus kecelakaan kerja seperti yang menimpa tenaga kerja las pembangunan tanki minyak di areal kilang perusahaan minyak Pertamina, Jalan Putri Tujuh luput dari perhatian perusahaan. Padahal, keselamatan pekerja patut mendapat perhatian serius perusahaan.

"Kasus kecelakaan kerja di area kilang Pertamina Jalan Putri Tujuh Dumai merupakan catatan penting untuk masalah keselamatan kerja. Ada indikasi, perusahaan menyembunyikan kasus kecelakaan kerja tersebut,” kata Agus Widayat, Senin (1/4) di Dumai.

Ironisnya, menurut Agus, rumah sakit perusahaan yang melakukan visum korban enggan memberikan hasil visum kepada keluarga korban. “Masalah seperti ini tidak harus ditutupi,” ujarnya.

Dikatakan, peringatan hari K3 yang dilaksanakan setiap tahun hampir tanpa cela dan tanpa kasus kecelakaan kerja yang diekspose. “Untuk itu, kita minta semua perusahaan di Dumai selalu memperhatikan K3, demi keamanan dan terjaminnya lingkungan kerja yang kondusif di perusahaan.

Seperti diketahui, mengabaikan K3 dapat menimbulkan kecelakaan kerja. "Kita meminta seluruh perusahaan agar selalu memperhatikan K3. Selain perusahaan bisa menjamin keselamatan pekerja, juga akan memberi nilai plus kepada perusahaan itu sendiri,” kata Agus.

Sebelumnya, Armansyah, keluarga korban yang meninggal akibat kecelakaan kerja di area kilang Pertamina Jalan Putri Tujuh mengaku heran! Kenapa rumah sakit perusahaan enggan memberikan hasil visum kepada pihak keluarga. “Yang meninggal itu paman saya. Kami tidak dapat berbuat banyak. Paman meninggalkan istri dan anak yang saat ini masih kuliah. Kecelakaan kerja di Pertamina bukan kejadian yang pertama. Ada kasus-kasus kecelakaan kerja lain yang memang luput dari publik,” kata Arman, Minggu (31/3) di Dumai. (dik)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus