Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Akses Media Sosial Sabtu Pukul 13.00 WIB Kembali Normal, Silahkan Dicoba

Sabtu, 25 Mei 2019

Ilustrasi. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Pasca kerusuhan di sejumlah titik Ibu Kota pada 21-22 Mei 2019, pemerintah memberlakukan pembatasan akses di media sosial. Pembatasan dilakukan untuk menghindari provokasi melalui media sosial dan aplikasi pesan WhatsApp.

Kementerian Komunikasi dan Informatika memastikan bahwa pembatasan akses hanya berlaku selama beberapa hari. Sabtu (25/5/2019), Kominfo memastikan pembatasan akses sudah dicabut.

Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika, Ferdinandus Setu. "Sudah normal kembali pukul 13.00 WIB siang ini ya," ujar Ferdinand, Sabtu (25/5/2019).

Selain itu, Kementerian Kominfo juga mengumumkan normalnya akses melalui akun Twitter resmi Kominfo, @kemkominfo, Sabtu (25/5/2019). Sebelumnya, sejumlah warganet mengeluhkan pembatasan akses yang diterapkan Kominfo.

Pembatasan membuat mereka tidak bisa mengirimkan gambar dan video di aplikasi pesan WhatsApp. Bahkan, kesulitan ini juga dirasakan dokter dan petugas kesehatan yang terganggu dalam menjalankan tugas.

Setelah pemerintah membatasi akses ke media sosial dan pesan aplikasi WhatsApp, beredar informasi bahwa masyarakat dapat menggunakan virtual private network ( VPN) untuk mengakses media sosial dan aplikasi pesan secara normal.

Menurut Kementerian Komunikasi dan Informatika, meskipun dapat diakses tanpa gangguan, masyarakat perlu waspada ketika memakai VPN, karena data pengguna dapat diakses pihak lain.

"Iya (menggunakan VPN berbahaya karena data bisa diakses). Kementerian Kominfo mengimbau untuk tidak menggunakan VPN," kata Pelaksana Tugas Kepala Humas Kementerian Kominfo Ferdinandus Setu saat dihubungi Kompas.com, Jumat (24/5/2019).

Menurut Ferdinand, penggunaan VPN sangat berisiko terhadap penyalahgunaan data pribadi dan penyusupan malware ke dalam peranti elektronik.

Menanggapi hal itu, Kominfo telah berkoordinasi dengan penyedia aplikasi untuk membatasi penggunaan aplikasi VPN di Indonesia. Ferdinand menambahkan, pembatasan akses media sosial dan aplikasi pesan instan bergantung pada situasi yang sempat memanas pada 21-22 Mei 2019 lalu.

"Kementerian Kominfo berharap situasi segera kondusif sehingga akses ke media sosial dan pesan instan kembali dinormalkan," tukasnya. (*) 





 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Kompas.com 


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus