Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Membangun Desa

Alokasikan Dana Desa Beli Genset, Warga Desa Sialang Jaya Kini Nikmati Listrik

Kamis, 29 Desember 2016

Salah satu rumah warga di Desa Sialang Jaya kini terang benderang. (Foto:Istimewa)

SIALANG JAYA-Desa yang satu ini memang tampak berbeda dengan desa lainnya. Sebab, Pemerintah Desa Sialang Jaya, Kecamatan Batang Tuaka, Kabupaten Indragiri Hilir, Riau dalam pengelolaan anggaran pembangunannya tidak semua menggunakan dana Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ). Dalam programnya, dana desa tak hanya digunakan untuk pembangunan jalan atau jembatan semata, namun juga mengikutsertakan pengadaan genset.

Kepala Desa Sialang Jaya, Baharuddin H Ali mengatakan, sebelumnya masyarakat hanya mengandalkan genset lama hasil swadaya masyarakat untuk penerangan. Namun sekarang semua sudah tidak lagi dipakai, karena kapasitasnya kecil dan sudah termakan usia. "Penggunaan genset lama sangat terbatas, tidak bisa seluruh elektronik di rumah bisa dipakai menggunakan listrik dari genset tersebut," kata Baharudin.

Sejak bergulirnya program DMIJ, ditambah bantuan dana pusat, Desa Sialang Jaya secara perlahan-lahan mulai mengatur program untuk berbagai pembangunan dan pengadaan. Melalui dana DMIJ, Pemdes Sialang Jaya sudah berhasil membeli mesin diesel baru dan dinamo 30.000 Kilowatt (KW) untuk mengalirkan listrik ke seluruh rumah di desa tersebut. Sebab listrik merupakan kebutuhan utama masyarakat desa.

"Jadi diputuskan untuk membeli genset. Kemudian kami bentuk tim yang mengurusnya. Pengurus itu nantinya yang bekerja memungut biaya dari masyarakat sesuai dengan penggunaan listrik yang dilihat di meteran rumah masing-masing," ulas Baharudin.

Genset itu sekarang sudah dapat memenuhi kebutuhan listrik warga. Selain penerangan, peralatan elektronik seperti televisi sudah bisa dinikmati masyarakat. "Kita berharap program DMIJ dari Pemkab Inhil ini terus bergulir. Karena sangat membantu memenuhi kebutuhan desa yang selama ini seperti kurang terperhatikan," kata Baharudin.

Dijelaskan, selain pengadaan mesin diesel dan dinamo ini, Pemdes Sialang Jaya juga menyisihkan dana DMIJ dan Pusat untuk pembangunan beberapa ruas jalan dan jembatan. "Kalau dibilang, dana seukuran itu untuk desa sangat besar. Dan ini sangat membantu kami. Kenapa kami harapkan program DMIJ ini berlanjut, karena masih banyak program-program pembangunan yang tengah kami gagas untuk tahun-tahun berikutnya," kata Baharudin. (zamri)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus