Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Amankah Gunakan Smartphone Saat Petir? Begini Penjelasannya!

Sabtu, 04 Januari 2020

Ilustrasi seseorang berjalan saat petir. (Foto:Detikcom)

PEKANBARU-Petir merupakan salah satu fenomena yang cukup berbahaya. Tak cuma saat berada di tempat terbuka seseorang bisa tersambar petir. Bahkan, dalam rumah pun kita bisa tersambar.

Sebagai contoh, tahun 2017 seorang pria tersambar petir saat berada di dalam rumah. Pria ini diketahui tersambar petir karena dirinya dekat dengan balok baja dan logam. Jika Anda menggunakan telepon rumah saat adanya petir, kemungkinan Anda akan tersambar. 

Karena adanya kabel yang berisi kawat logam. Namun, bagaimana dengan menggunakan ponsel atau smartphone yang kerap tak bisa lepas dari tangan dan pandangan kita?

Ternyata selama ini ada kesalahpahaman bahwa ponsel menarik petir. Apabila ada orang yang benar-benar tersambar karena ponsel, itu hal yang salah. Demikian menurut John Jensenius dari National Weather Service, dikutip dari Accu Weather via Tekno Liputan6.com.

Salah Kaprah Smartphone dapat Memicu Sambaran Petir
"Hal pertama yang harus dipahami adalah tidak ada yang benar-benar menarik petir, melainkan petir mengikuti kabel dan pagar dan hal-hal semacam itu. Jadi, ponsel tidak dapat menarik petir," ujar Jensenius.

Jadi, lebih baik Anda berhati-hati jika ada petir dan segeralah mencari tempat perlindungan yang jauh dari benda yang terbuat dari logam. "Apa pun yang dicolokkan ke dinding dapat menjadi berbahaya karena terhubung ke kabel luar," kata Jensenius.

Dalam hal ini, ponsel atau laptop yang sedang diisi daya memiliki bahaya yang sama dengan telepon rumah. (*)



Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Liputan6.com 


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus