Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Anak Sungai di Kampar Meluap, Sejumlah Daerah di Kampar Kiri Terendam

Senin, 06 April 2020

Sejumlah daerah di Kampar Kiri terendam banjir. (Foto:Istimewa)

KAMPAR-Tingginya intensitas hujan sejak 3 hari terakhir di wilayah Riau, khususnya Kabupaten Kampar membuat sejumlah daerah, Senin (6/4/2020) kebanjiran. Banjir disebabkan meluapnya air sungai yang membelah beberapa daerah di Kecamatan Kampar Kiri.

Anak sungai yang meluap adalah Sungai Subayang dan Sungai Setingkai di Kampar Kiri dan Sungai Lipai di Gunung Sahilan. Meningkatnya debit air di beberapa sungai ini telah mengakibatkan ruas jalan penghubung antar desa terendam.

"Berdasarkan pemantauan Polsek Kampar Kiri, ada beberapa ruas jalan desa terendam banjir," kata Kapolsek Kampar Kiri Kompol Yulisman.

Dikatakan, daerah yang terendam adalah Jalan Lipatkain-Gema tepatnya di Km 2 Desa Teluk Paman Timur, Kecamatan Kampar Kiri, kemudian Jalan Lipatkain-Gema di Km 4 Desa Teluk Paman Timur, Kecamatan Kampar Kiri. Dimana 10 rumah warga terendam air dengan ketinggian air selutut orang dewasa.

Kemudian Jalan Lipatkain-IV Koto Setingkai di Km 17 Desa Sungai Raja, Kecamatan Kampar Kiri, Jalan Kebun Durian-Simpang Tibun di Km 1 dan 2 Desa Sungai Lipai, Kecamatan Gunung Sahilan juga terendam banjir.

Kompol Yulisman menjelaskan, akses jalan tersebut memang masih bisa dilewati kendaraan roda 4. Namun untuk kendaraan roda 2 tidak bisa, karena derasnya arus air di jalan.

"Menurut keterangan masyarakat setempat, jika cuaca tidak hujan dalam satu hari, maka air yang menggenangi jalan akan segera surut. Namun bila hujan kembali mengguyur wilayah Kampar Kiri dan sekitarnya, kemungkinan besar debit air di 3 sungai akan kembali meningkat dan menggenangi pemukiman warga," ulasnya.

Diingatkan, warga di wilayah tersebut waspada terhadap potensi banjir bila hujan masih terus berlanjut dalam waktu dekat. (*)



Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus