Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Berita Islami

Ancaman Terhadap Ustaz Abdul Somad, Begini Respon Gubernur Riau

Senin, 03 September 2018

Gubernur Andi Rachman. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Ancaman terhadap Ustaz Abdul Somad yang akan mengisi ceramah di Jawa Tengah dan Timur yang berakhir dengan pembatalan, menuai reaksi dari sejumlah kalangan, termasuk Gubernur Arsyadjuliandi Rachman.
 
Menurut gubernur, Ustaz Abdul Somad merupakan ulama seluruh umat. Sehingga setiap kegiatan dakwahnya harus mendapat dukungan umat tersebut. Sebagai negara demokrasi, lelaki yang akrab disapa Andi Rachman itu menilai, tidak perlu ada intimidasi dalam setiap kegiatan sang Ustaz.

"Beliau itu milik umat. Tentunya, masyarakat harus bersama-sama mendukung menegakkan kehidupan yang berdemokrasi dan berkebhinekaan," tukasnya.

Karena itu, Andi berharap, masyarakat Riau dan Indonesia umumnya mendukung kegiatan dakwah Abdul Somad. "Kita sebagai masyarakat Riau ya tugas (penceramah) yang beliau lakukan tentu kita dukung," ujarnya.

Sebelumnya, Ustaz Abdul Somad membatalkan rencana ceramah dalam tiga bulan ke depan di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Yogyakarta. Pembatalan ceramah di beberapa daerah tersebut terpaksa dilakukan karena merasa mendapat ancaman dan intimidasi.

Pembatalan disampaikan melalui akun media sosialnya, Instagram @ustadzabdulsomad dan Facebook Ustadz Abdul Somad, Minggu malam tadi.

Dalam pernyataannya, dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau itu menyampaikan, sebelumnya terjadi beberapa ancaman, intimidasi, pembatalan dan lain-lain terhadap taushiyahnya di beberapa daerah.

Ustaz Abdul Somad menerangkan alasan pembatalan itu yaitu pihaknya tak ingin membuat panitia terbebani lantaran adanya penolakan dari berbagai pihak atas kunjugannya. Ia juga memperhatikan kondisi psikologis dari para jamaahnya. "Beberapa ancaman, intimidasi, pembatalan, dan lain-lain terhadap taushiyah di beberapa daerah seperti Grobogan, Kudus, Jepara dan Semarang.

Beban panitia yang semakin berat.
Kondisi psikologis Jamaah dan saya sendiri.
Maka saya membatalkan beberapa janji di daerah Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Yogyakarta :
1. September di Malang, Solo, Boyolali, Jombang, Kediri.
2. Oktober di Yogyakarta.
3. Desember janji  dengan Ustadz Zulfikar di daerah Jawa Timur.

"Mohon maaf atas keadaan ini, harap dimaklumi, dan mohon doakan selalu. Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh," kata Abdul Somad di akun media sosialnya. (*)




 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Cakaplah


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:57:13 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:51 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:50 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:49 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:49 WIB



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus