Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Pendidikan

Anda Mahasiswa Kuansing, Mau Beasiswa Skripsi dari Baznas? Begini Caranya...

Minggu, 29 April 2018

Ilustrasi. (Foto: Istimewa)

KUANSING-Bagi anda mahasiswa yang berada di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau kini berkesempatan memperoleh bantuan zakat dari Baznas Kuansing. Bantuan zakat tersebut diberikan dalam bentuk program unggulan bidang Kuansing Cerdas, yakni pembiayaan penyusunan skripsi atau tugas akhir.

Tentu Program Baznas Kuansing tersebut selayaknya diapresiasi masyarakat. Sebab, Baznas Kuansing sudah mengonsep Kuansing Tanggap Darurat Bencana, Kuansing Makmur, Kuansing Cerdas, Kuansing Sehat, Kuansing Dakwah.

Wakil Ketua Baznas Kuansing Ramli menjelaskan, mahasiswa yang sekarang dalam proses penyusunan skripsi berhak mendapatkan bantuan zakat, dengan ketentuan membuat permohonan dan mendapatkan rekomendasi tertulis dari UPZ. "Bantuan itu tentu sangat membantu dan meringankan beban orang tua dalam menyelesaikan pendidikan anaknya," tuturnya.

Sementara itu, Ustadz Darwis memaparkan, dasar hukum zakat dalam surat At Taubah ayat 103. "Ambillah zakat dari sebagian harta mereka dan dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka".

Kemudian dalam Hadits dijelaskan, "Ajarkan kepada mereka bahwa Allah juga mewajibkan mengeluarkan zakat dari harta-harta mereka. Zakat tersebut di ambil dari orang-orang kaya dan di bagikan kepada orang-orang miskin di antara mereka" (Muttafaqun 'Alaih).

Sementara berdasarkan hukum pemerintah sudah diatur dalam UU Nomor 23 Tahun 2011 Jo. PP Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Zakat oleh Baznas.

"Sebagai umat muslim, kita wajib mengingatkan. Zakat merupakan salah satu rukun Islam yang kewajibannya setara dengan salat. Secara istilah zakat, yaitu mengeluarkan sebagian harta dalam waktu tertentu (Haul) dengan batas minimal nilai harta tertentu (nishab) dan dikeluarkan dengan kadar tertentu (miqdar) dan diberikan kepada golongan tertentu (mustahiq)," tukasnya.

Maka itu, Baznas Kuansing memiliki konsep pendistribusian dan pendayagunaan zakat yang dikelola bukan untuk memenuhi kebutuhan mustahiq yang bersifat konsumtif dalam waktu sesaat, tetapi untuk memberikan kecukupan dan kesejahteraan bagi mereka dengan memperkecil dan menghilangkan penyebab kehidupan mereka menjadi miskin dan menderita. (*)



Penulis : Jhon Hendri
Editor : Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus