Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Politik

Anggaran Pemilukada Gubernur Riau Rp304 Miliar

Kamis, 20 September 2012


PEKANBARU-Ketua Komisi Pemilihan Umum Provinsi Riau, Tengku Edy Sabli mengatakan, pihaknya selain menunggu nominal anggaran pelaksanaan Pemilukada, juga ketepatan waktu anggaran akan digunakan. Saat ini, KPU sudah mengusulkan anggaran pelaksanaan Pemilukada 2013 sebesar Rp304 miliar, dengan estimasi putaran pertama Rp220 miliar dan putaran kedua Rp84 miliar.

Dalam undang-undang nomor 32 tahun 2004 dan nomor 12 tahun 2008 tentang pemerintah daerah diatur, tahapan sudah harus dilaksanakan 210 hari sebelum pemungutan. Dengan perhitungan tersebut, KPU sudah harus memulai tahapannya awal Februari 2013 mendatang.

"Itu memang sudah diatur dalam undang-undang. Jadi awal Februari tahapan sudah harus dimulai. Makanya kita tidak hanya berpatokan pada besaran anggaran, tapi juga ketepatan waktu penggunaan anggaran," ujarnya, Kamis (20/9). 

Kembalikan 
Ditempat terpisah, Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi menginginkan pemilihan langsung calon gubernur agar dihapus dan kembali kepada pemilihan yang diwakilkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD). Alasannya, mengacu kepada sila ke empat, kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permuwasyaratan perwakilan.

"Saya sudah menyampaikan persoalan ini, kalau gubernur jangan dipilih langsung. Kalau bupati dan walikota boleh dipilih langsung," kata Gamawan Fauzi usai mencoblos di TPS 001 Widya Chandra, Komplek Kementerian, Kamis (20/9).

Ditegaskan, landasan negara Indonesia harus sesuai dengan Pancasila dan 4 pilar bangsa yang telah dicetuskan selama ini. Namun dengan adanya pemilihan langsung gubernur, Gamawan melihat tidak adanya konsistensi dalam penegakan Pancasila dan 4 pilar bangsa. 

"Pancasila sebagai landasan filosofis bangsa. Kita menjual 4 pilar bangsa, tapi sila ke empat tidak konsisten. Makanya harus kita pertanyakan sila ke 4 dan harus menjadi satu rujukan," kata Gamawan. (tp/bsh)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus