Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Utama

Angkatan Laut Gagalkan Seludupan 35 Ton Bawang Impor

Selasa, 07 Mei 2013


DUMAI-Pangkalan TNI Angkatan Laut Kota Dumai, Selasa (7/5) berhasil menggagalkan upaya penyelundupan bawang impor dari Malaysia di perairan Sungai Kemeli, Kecamatan Medang Kampai.
 
Sedikitnya 35 ton bawang merah dan bawang bombay berhasil diamankan petugas yang melakukan penangkapan dengan menggunakan kapal angkatan laut Jemur dari kapal pompong kayu Yesika Jaya GT 7.
 
Komandan Lanal Dumai, Kolonel Laut (P) Agus Purwanto kepada wartawan di Dermaga Lanal menyebutkan, Senin (6/5) kemarin pihaknya menerima informasi dari masyarakat tentang aktivitas kapal membawa bawang dari luar negeri menuju perairan Dumai.
 
Petugas kemudian langsung diinstruksikan menggelar patroli ke sekitar wilayah perairan Sungai Kemeli dan Selasa pukul 01.00 WIB, petugas menemukan aktivitas kapal pompong yang mencurigakan melintasi perairan Dumai.
 
“Saat petugas merapat dan pompong dihentikan, nakhoda dan tiga anak buah kapal tidak dapat menunjukkan dokumen kapal dan barang. Karena itu kapal dan muatan bawang kita amankan di pos angkatan laut di dermaga Mako Lanal,” kata Agus di Dumai.
 
Setelah kapal dan muatan bawang diamankan, Lanal berkoodinasi dengan instansi terkait, yakni Balai Karantina setempat sebagai instansi berwenang mengurusi komoditi bawang yang dilarang masuk lewat pelabuhan Dumai. Walau belum dapat memastikan jumlah muatan bawang, karena masih dilakukan penghitungan, namun diprediksi jumlah muatan 35 ton.

Karena seluruh sisi kapal sarat dengan muatan bawang, mulai lambung kapal, bagian belakang dan buritan kapal penuh bawang dengan berat per kampit 10 kilogram. “ Untuk proses lebih lanjut, kita berkoordinasi dengan Balai Karantina, Bea Cukai dan instansi terkait untuk pelimpahan proses tangkapan bawang tersebut,” kata Agus Purwanto. (dik)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus