Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Politik

Antisipasi Membludaknya Pendaftaran Caleg, KPU Riau Bentuk Enam Pokja

Rabu, 11 Juli 2018

Ilustrasi. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Pendaftaran Calon Legislatif (Caleg) peserta pemilu 2019 sudah dibuka sejak sepekan terakhir. Namun komisi Pemilihan Umum (KPU) sampai sekarang masih belum menerima satupun berkas dari partai yang mendaftarkan Calegnya.

Alhasil, pendaftaran yang dibuka sejak tanggal 4-10 Juli sore belum ada satupun nama Caleg yang didaftarkan oleh partainya ke KPU. Padahal, waktu pendaftaran hanya dibuka sampai 17 Juli 2018 mendatang. Artinya, hanya tersisa sekitar 6 hari saja untuk mendaftar.

KPU Riau memperkirakan, pendaftaran akan dilakukan partai lima hari terakhir jelang batas akhir pendaftaran. Karena saat ini, partai yang sebelumnya sempat berkoordinasi dengan KPU menyampaikan, sebagian mereka masih melakukan penyusunan Caleg untuk didaftarkan ke KPU.

Komisioner KPU Riau Divisi Teknis Abdul Hamid mengatakan, pihaknya sudah mengantisipasi membludaknya pendaftar dari partai dan calon DPD, secara bersamaan. "Kita memperkirakan pendaftaran akan ramai pada lima hari terakhir batas waktu. Untuk itu, kita sudah membentuk 6 Pokja dengan satu kepanitiaan, untuk menyambut para pendaftar," kata Hamid, Selasa (10/7/2018).

Namun demikian, kata Hamid, pihaknya tetap mengimbau agar partai bisa sesegera mungkin mendaftarkan Calegnya ke KPU, agar tidak terlalu berdesakan dengan pendaftar lain nantinya. "Mumpung masih jauh harinya, kita imbau kepada parpol bisa segera mendaftarkan Calegnya, agar tidak berdesakan nanti dan lebih leluasa," imbuhnya.

Walau memprediksi akan ramai pendaftar di ujung waktu, menurut Hamid, pihaknya tidak akan kerepotan, karena LO yang ditunjuk oleh partai, sudah diberikan bimtek oleh KPU.
Sementara itu, Pileg kali ini juga akan diwarnai adanya peserta dari komisioner KPU kabupaten/kota, yang mengundurkan diri dari jabatannya.

Bahkan di KPU kabupaten/kota di Riau terdapat 4 orang komisioner KPU, dan yang lebih mengejutkannya lagi, keempatnya merupakan ketua di masing-masing lembaga tersebut, yakni Ketua KPU Siak Agus Salim, Ketua KPU Inhil Suhaidi, Ketua KPU Rokan Hilir Agus Salim dan Ketua KPU Kabupaten Pelalawan Nasaruddin.

Ketua KPU Riau Nurhamin mengatakan, pihaknya segera memproses pemberhentian 4 ketua KPU di daerah yang sudah mengajukan surat pengunduran diri sebelumnya. "Kita segera proses Pengganti Antar Waktu (PAW)-nya, dalam waktu dekat ini," kata Nurhamin.

KPU Riau, menurut Nurhamin sudah memastikan empat ketua KPU tersebut tidak terlibat dalam partai politik selama menjabat sebagai komisioner KPU sebelumnya.(*)






Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus