Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Nasional

Antisipasi Penolakan, Pemko Padang Siapkan Lahan Pemakaman Khusus Covid-19

Senin, 18 Mei 2020

Pemakaman jenazah covid 19. (Foto:Istimewa)

PADANG-Pemerintah Kota Padang, Sumatera Barat menyediakan Tempat Pemakaman Umum (TPU) khusus untuk warga yang dinyatakan positif Covid-19. Pemakaman tersebut berada di kawasan Bungus. TPU tersebut diperkirakan mampu menampung 1.000 makam dan lokasinya jauh dari pemukiman warga. 

"Ini langkah antisipasi Pemko Padang terhadap jenazah warga yang positif Covid-19, agar tidak terjadi penolakan, kita sediakan khusus TPU nya," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang Mairizon, Senin (18/5/2020). 

Dikatakan, TPU tersebut bisa digunakan secara gratis. Mulai dari penyelenggaraan jenazah hingga dimakamkan tanpa bayaran. Bahkan pihaknya juga melayani pemakaman di perkuburan keluarga hingga ke luar kota. 

"Kita gratiskan, karena ini keadaan wabah, sehingga bisa membantu masyarakat yang menjadi korban wabah ini," kata Mairizon. 

Menurutnya, saat ini sudah tercatat ada 41 jenazah korban Covid-19 yang dimakamkan di TPU khusus Covid-19 di Bungus. Selain itu, ada 18 jenazah yang dimakamkan di perkuburan keluarga di Kota Padang dan dua di luar kota. 

"Totalnya ada 61 jenazah yang sudah dimakamkan. Kita siap melayani masyarakat yang keluarganya meninggal dunia akibat Covid-19," katanya. 

Untuk melayani warga tersebut, menurut Mairizon, pihaknya telah membentuk tim pengantar jenazah yang bisa sekaligus menguburkan jenazah. "Ada timnya yang bertugas mengantar sekaligus memakamkan jenazah sesuai dengan protap Covid-19," tukasnya. (*)




Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Kompas.com


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus