Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Otomotif

Antisipasi Rem Blong Saat Mudik dengan Mobil Matic, Lakukan Hal Ini Saat Turunan

Jumat, 08 Juni 2018

Ilustrasi transmisi matic. (Foto:Kompas)

PEKANBARU-Mudik dengan kendaraan sendiri dan menggunakan transmisi otomatis? Tentu sebelum mudik, hal berikut perlu jadi perhatian Anda.

Berbeda dengan mobil bertransmisi manual, mobil transmisi otomatis tidak memiliki engine brake. Karena saat melepas gas, transmisi malah akan menaikan gigi. Akibatnya, rem menerima beban lebih berat untuk melakukan perlambatan laju mobil.

Beban penuh akan membuat rem bekerja lebih berat. Jika rem terus digunakan di jalan menurun yang panjang, maka suhu rem akan semakin panas dan memungkinkan terjadinya rem blong.

Seperti dilansir Grid.oto, untuk mencegah hal tersebut, Anda wajib memeriksa ketebalan kampas rem dan jumlah minyak rem. Selain itu, lakukan juga pemindahan transmisi ke posisi gigi yang lebih rendah untuk berusaha mendapatkan engine brake agar laju mobil berkurang.

Caranya dengan memindahkan tuas transmisi kedua atau ketiga secara bertahap bagi yang menggunakan transmisi 5-percepatan atau lebih. Selebihnya, Anda perlu merasakan injakan terhadap pedal rem. Bila rem terasa mulai kehilangan gigitannya atau nyelonong, ini tandanya suhu rem mulai melewati batas toleransi. Segera perlambat kendaraan dan menepi hingga rem kembali dingin. (*) 



Penulis: Tengku Arjan
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Grid.oto


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus