Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Pendidikan

APKASINDO Kuansing Berikan Enam Anak Buruh Tani Sawit Beasiswa Perguruan Tinggi

Selasa, 31 Oktober 2017

Para calon mahasiswa diantara orangtuanya. (Foto:Jhon/FokusRiau.Com)

PEKANBARU-Setelah melalui seleksi panjang dan bertingkat, calon mahasiswa penerima beasiswa dari Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (APKASINDO) bekerja sama dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) akhirnya diumumkan. Mereka yang berhasil, Selasa (31/10/2017) diberangkatkan menuju kampusnya melalui Bandara SSK II Pekanbaru.

Keharuan teramat dalam, tidak bisa terbendung saat para orang tua melepas keberangkatan putra dan putrinya menjalani pendidikan di kota yang mungkin sama sekali tidak terbayangkan sebelumnya sebagai anak buruh tani/petani kelapa sawit.

Seperti yang dialami Yeyen Pujiati, anak petani asal Siberakun, Kecamatan Benai, Kuansing, Riau ini. Dia sama sekali tidak pernah membayangkan bisa berkuliah di INSTIPER Yogyakarta. "Seperti mimpi jadinya begitu diumumkan saya sebagai salah satu calon yang lulus. Terima kasih kepada Apkasindo, BPDP-KS dan kedua orangtua saya yang mau ngizinkan saya kuliah di luar kota," ujar Yeyen meneteskan air mata.

Program beasiswa APKASINDO tersebut bekerjasama dengan BPDPKS dan merupakan program angkatan kedua. Pelepasan keberangkatan calon mahasiwa tersebut langsung diantar Sekretaris DPD APKASINDO Kuansing Imprialis dan dilepas Ketua DPW APKASINDO Riau Gulat Manurung di Bandara SSQ II Pekanbaru. 

"Mereka akan dikuliahkan di dua universitas ternama, yakni Institute Pertanian (INSTIPER) Jogjakarta dan Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Education (CWE) Bekasi, Jawa Barat. Kedua Kampus ini sangat berkompetensi dalam mendidik mahasiwa di bidang perkebunan, khususnya sawit. Jumlah mahasiswa yang dikuliahkan di INSTIPER Jogjakarta sebanyak 200 orang (65 orang dari Riau) dan 100 ( 32 orang dari Riau) di Politeknik Sawit CWE Bekasi. (rls/jhon hendri)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus