Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Utama

As Fuso CPO Patah, Jalan Dumai Bagan Besar Macet 5 Jam

Kamis, 09 Mei 2013


DUMAI-Jalan Dumai Bagan Besar atau Soekarno-Hatta, Rabu (8/5) kemarin dibuat macet total hampir lima jam, karena terhalang truk fuso BK 9607 BJ bermuatan 20 ton minyak crude palm oil itu. Truk tersebut mengalami patah as ketika sedang dalam perjalanan bongkar ke salah satu perusahaan di Pelabuhan Dumai.
 
Kemacetan yang terjadi mencapai satu kilometer lebih mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Akibatnya, Jalan Dumai-Bagan Besar yang biasa digunakan untuk satu jalur terpaksa di alihkan menjadi dua jalur, guna memperlancar lalu lintas dan mengurangi kemacetan total.
 
Menurut supir fuso, Wargino, truk yang dikemudikannya sedang  dalam perjalanan untuk bongkar CPO di pelabuhan Pelindo I Dumai. Namun ketika baru sampai simpang Budi Indah, tepatnya di depan PT Busri, as gardan fuso tiba-tiba patah dan truk tidak bisa melanjutkan perjalanan.
 
“Saat as gardan patah, tentunya mobil dalam kondisi muatan penuh tidak bisa melanjutkan bongkar muat ke pelabuhan. Namun agar tidak memperlama macet, kita langsung memanggil rekan kerja untuk membawa satu unit mobil bernomor polisi BK 9606 BJ yang digunakan untuk memindahkan muatan CPO,” paparnya.
 
Dikatakan, setelah muatan dipindahkan dalam truk lain, truk ini baru diderek dan dibawa ke gudang perusahaan untuk melakukan pengelasan as. Sementara Hardi Arjuna, petugas Dinas Perhubungan Kota Dumai menjelaskan, kemacetan terjadi akibat as gardan fuso patah. Namun petugas Dinas Perhubungan yang saat itu mengetahui kejadiannya langsung turun ke lapangan mengatur arus lalu lintas, agar tidak terjadi kemacetan yang lebih panjang. “Sekitar tujuh personil Dishub Dumai langsung turun ke lapangan untuk membantu mengatur lalu lintas,” katanya.
 
Dalam melakukan pengalihan jalur, petugas mengalami sedikit kendala. Karena beberapa pengemudi tidak bersabar dan saling berpacu untuk mendapatkan jalan yang bebas macet. (dik)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus