Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Advetorial

Atasi Antrian Obat, RSUD Kuansing Siapkan Layanan Farm Jek Bagi Pasien Kuantan Tengah

Senin, 04 Juni 2018

RSUD Teluk Kuantan terus berbenah meningkatkan layanan. (Foto:Istimewa)

KUANSING-Sejak berstatus Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kuantan Singingi, Riau terus berbenah dalam upaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat Kuansing. Pembenahan yang dilakukan meliputi profesionalitas tenaga dokter maupun sistem pelayanan pasien dan keluarga pasien.

Tahun 2017 lalu, di bawah kepemimpinan Direktur Fahdiansyah sudah mulai menerapkan sistem pelayanan keluarga pasien yang dikenal dengan Tenaga Pembantu Orang Sakit. Program tersebut sudah berjalan cukup maksimal, bahkan manajemen RSUD juga bisa mampu menyerap tenaga kerja tambahan.

Kepuasan masyarakat terhadap pelayanan RSUD semakin meningkat dengan tingginya kunjungan pasien setiap hari. Bila sebelumnya hanya berkisar antara 50 pasien perhari, sekarang meningkat menjadi 200 pasien perhari. "Jumlah pasien yang terus meningkat menandakan masyarakat senang dengan layanan yang diberikan," ujar Direktur RSUD Kuansing Fahdiansyah melalui Kabag TU Rian Fitra kepada FokusRiau.com, Senin (4/6/2018).
 
 
Direktur RSUD Kuansing Fahdiansyah. (Foto:Jhon/FokusRiau.Com) 
 
Dikatakan, peningkatan jumlah pasien terjadi secara signifikan. Sehingga berdampak pada pelayanan obat-obatan di Apotik RSUD. Dimana keluarga pasien terpaksa harus antri, sehingga membuat waktu keluarga pasien tersita untuk menunggu antrian pengambilan obat.

"Untuk mengantisipasi persoalan tersebut, manajemen RSUD dalam masa dekat akan menerapkan pelayanan baru yang disebut dengan Farm Jek RSUD. Layanan ini akan diberlakukan kepada seluruh pasien dan keluarganya secara gratis," terangnya.

Farm Jek RSUD merupakan pelayanan gratis antar alamat obat bagi pasien rawat jalan di Kecamatan Kuantan Tengah. Dengan demikian, diharapkan penumpukan antrian pengambilan obat di apotik RSUD bisa teratasi. "Sekarang draf perjanjian kerjasama atau MoU dengan para ojek online sudah disiapkan. Tinggal melakukan penandatanganan saja," tutur Rian.
 
 
Kabag TU Rian Fitra (kiri) bersama staf RSUD Kuansing mengikuti rapat membahas berbagai persoalan demi kemajuan dan peningkatan layanan di RSUD Kuansing.(Foto:Jhon/FokusRiau.Com) 
 
Dijelaskan, nantinya tenaga Farm Jek RSUD sebelum turun ke lapangan akan diberikan pelatihan bidang apoteker. "Ini akan menjadi bekal untuk mereka di lapangan. Sebab Farm Jek tidak hanya bertugas mengantarkan obat, namun juga harus mampu menjelaskan cara mengkonsumsinya kepada pasien atau keluarga pasien," paparnya.

Menurut Rian, masyarakat Kuansing juga perlu mengetahui kalau RSUD Kuansing sebagai Rumah Sakit Kelas C akan segera memperoleh akreditasi Rumah Sakit. Saat ini, semua proses akreditasi sedang berjalan. Ditargetkan, tahun ini juga sertifikat akreditasinya sudah bisa kita terima. Karena itu, masyarakat sudah tidak perlu lagi kuatir dengan pelayanan kami," tukasnya. (adv/kominfo)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:57:13 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:51 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:50 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:49 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:49 WIB



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus