Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Utama

Atasi Banjir, Pemerintah Keruk Drainase Tabek Gadang

Sabtu, 30 Maret 2013


PEKANBARU-Kondisi saluran air atau drainase di Pekanbaru memang masih sangat buruk dan tak beraturan. Akibatnya, setiap kali hujan mengguyur Pekanbaru, maka banjir dan genangan air akan langsung terlihat di berbagai kawasan pemukiman.

Salah satu wilayah padat penduduk yang selalu tergenang begitu hujan turun adalah kawasan Soebrantas Panam, khususnya di Persimpangan Tabek Gadang.

Terhadap persoalan buruknya drainase tersebut, Walikota Pekanbaru, Firdaus MT berjanji akan segera mengatasinya. Kepada wartawan beberapa waktu lalu, Firdaus mengatakan, untuk mengatasi genangan air di kawasan Tabek Gadang ini, akan dialokasikan dana melalui APBD Pekanbaru 2013 sebesar Rp8 miliar. Dana tersebut akan digunakan untuk pembuatan saluran air baru, perbaikan drainase dan pengerukan lumpur parit.

Pekerjaan tersebut akan dimulai Maret dan berakhir Desember 2013 nanti. Saat ini, pengerjaannya sudah mulai dilaksanakan. Sabtu (30/3) pagi, terlihat satu unit eskavator berukuran sedang milik Dinas Pekerjaan Umum Pekanbaru mulai mengeruk lumpur parit di Jalan HR Soebrantas Panam, tepatnya di depan Kantor Polsek Tampan Km 11,5 Pekanbaru.

Sejauh ini, pekerjaan pengerukan lumpur parit yang dikerjakan petugas buruh harian lepas Dinas Pekerjaan Umum Riau itu terus berlangsung. Lumpur setinggi hampir 2/3 tinggi parit dikeruk eskavator dan dimasukkan dalam dump-truck untuk kemudian dibuang di lahan kosong.

Sejauh ini, belum diketahui perusahaan konsultan atau kontraktor mana yang sedang mengerjakan proyek miliaran tersebut. Karena tidak ada plang pekerjaan terpasang.

Beberapa warga sekitar mengaku senang dengan program pengerukan parit tersebut. Menurut Wiwid, salah seorang warga Simpang Tabek Gadang, setiap hujan memang kawasan tersebut selalu banjir. Penyebabnya, karena selain ukuran drainase yang kecil, juga karena pendangkalan. "Dengan pengerukan lumpur ini diharapkan air akan kembali lancar dan genangan banjir setiap kali hujan turun, tidak akan terjadi lagi," kata Wiwid, Sabtu (30/3) siang tadi. (zul)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus