Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Pemkab Rohil

Atasi Persolan Sampah, DLH Rohil Pasang Baliho Cara Memperlakukan Sampah

Rabu, 24 Oktober 2018

Dinas Lingkungan Hidup Rohil akan memasang baliho. (Foto:Joni/FokusRiau.Com)

ROKAN HILIR-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir, Riau menggelar berbagai upaya dalam mengatasi persoalan sampah. Salah satu cara yang dilakukan, memasang baliho statistik perlakuan masyarakat terhadap sampah.

Melalui Peraturan Presiden No 97 Tahun 2017, membuat kebijakan dan strategi daerah (Jakstrada) tentang kebijakan pengelolaan Sampah rumah tangga dan sampah sejenis rumah tangga secara nasional dapat dilakukan pengurangan sampai 30 persen tahun 2025.

Jakstrada pengelolaan Sampah rumah tangga dan Sejenis rumah tangga lainnya adalah arah kebijakan dan strategi dalam mengelola sampah serta pengurangan sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Rokan Hilir Suwandi, Rabu (24/10/2018) mengatakan, saat ini pihaknya sedang menggodok Jakstrada Pengelolaan Sampah. Sehingga diharapkan tahun 2023 nanti, sampah yang dihasilkan Rumah tangga dan Sejenis Rumah Tangga bisa dikurangi sampai 30 Persen.

"Sekarang sedang kami susun Rancangan peraturan Bupati (Raperbup) kebijakan dan strategi daerah (Jakstrada) pengelolaan sampah, kalau sudah disahkan maka program tersebut akan mulai dijalankan," kata Suwandi.

Kebijakan Strategi Daerah (Jakstrada) pengelolaan Sampah tersebut akan dituangkan dalam bentuk peraturan Bupati (perbup). Dalam baleho tersebut menjelaskan ada berbagai cara rumah tangga memperlakukan sampah, seperti membuang sembarangan, membuang ke laut, sungai/got, membakar, menimbun/mengubur, menjualnya ke tukang Rongsoan, menjadi urusan petugas sampah, menjadikan pakan ternak, dibuat kompos/pupuk dan mendaur ulang. (*)








Penulis: Andi Affandi
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus