Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Ekonomi

Aturan Waralaba akan Diperketat

Sabtu, 25 Agustus 2012


JAKARTA-Kementerian Perdagangan akan mengeluarkan kebijakan baru, mengenai penyelenggaraan sistem perdagangan waralaba atau franchising. Kebijakan tersebut dimaksudkan untuk memperketat perizinan waralaba yang terus berkembang pesat beberapa waktu terakhir. 

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Gunaryo mengatakan, kebijakan baru tersebut merupakan revisi atas Permendag No31 Tahun 2008 tentang penyelenggaraan waralaba. Perubahan mendasar kebijakan baru tersebut adalah proses perizinan waralaba yang sebelumnya dilakukan di daerah, dalam kebijakan baru diharuskan dilakukan secara terpusat di Kementerian Perdagangan. 

"Kami berketetapan, untuk pemberi waralaba domestik pendaftarannya dilakukan di Kementerian Perdagangan melalui pendaftaran di pusat. Selain mendapat database perkembangan waralaba, baik di gerai atau outlet yang mereka kelola, juga akan dapat diketahui siapa saja penerima waralaba yang ditunjuk pemberi warlaba," kata Gunaryo di Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat (24/8). 

Langkah itu dilakukan sekaligus untuk memberi pembinaan intensif kepada waralaba supaya dapat berkembang baik di pasar domestik maupun pasar internasional. "Melalui pendafataran yang dipusatkan ini kita akan ketahui bussiness opportunity dan waralaba mana yang siap kita fasilitasi dan ke depan akan dipikirkan bagaimana dorong eksistensi mereka dalam dunia usaha," katanya. 

Adapun pendaftaran secara terpusat bisa dilakukan baik secara langsung maupun online dengan lama proses perizinan 2x24 jam. Dengan demikian, diharapkan keberadaan waralaba di Indonesia dapat dikelola dengan baik. (mic) 


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler
      Selasa, 17 September 2019 - 20:10:50 WIB
      Selasa, 17 September 2019 - 17:23:19 WIB
      Selasa, 17 September 2019 - 17:04:32 WIB
      Selasa, 17 September 2019 - 15:42:31 WIB
      Selasa, 17 September 2019 - 12:38:08 WIB


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus