Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Awalnya Disclaimer, Kini Bupati Yopi Arianto Sukses Raih Opini WTP Tiga Kali Berturut Turut

Senin, 29 April 2019

Bupati Yopi menerima WTP dari Kepala BPK Perwakilan Riau. (Foto:Obrin)

INDRAGIRI HULU -Bupati Yopi Arianto sukses meraih penghargaan Wajar Tanpa Pengucualian (WTP) Laporan Keuangan Pemkab Inhu Tahun 2018 dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BKP RI) perwakilan Riau untuk kali ketiga secara berturut-turut.

Penghargaan WTP tahun 2018 diserahkan langsung Kepala BPK RI Riau Thomas Ipoeng  Andjar Wasita kepada Bupati Yopi Arianto didampingi Sekdakab Hendrizal di auditorium kantor BPK RI perwakilan Riau, Pekanbaru, Senin (29/4/2019). 

Thomas Ipoeng Andjar Wisata menyampaikan, hasil audit opini pemeriksaan pengelolaan keuangan tahun 2018 BPK terhadap Pemkab Inhu menyatakan opini WTP. "Perlu kami sampaikan, pemeriksaan keuangan bertujuan untuk kebaikan pengelolaan anggaran sesuai aturan agar tidak terjadi penyimpangan anggaran," urainya. 

Karena itu, diharapkan Pemkab Inhu dapat mengambil keputusan dalam penganggaran secara benar dan dipertanggungjawabkan. "Ke depan, kita mengharapkan pengelolaan anggaran menggunakan sistim aplikasi. Karena dari hasil pemeriksaan kami, belum semua instansi menggunakan sistim aplikasi dan masih banyak yang menggunakan sistem manual," tukasnya.

BPKP mendorong pemerintah menggunakan sisitim aplikasi secara menyeluruh, agar pengelolaan keuangan dapat akurat dan akuntabel.

Sementara itu, Bupati Yopi Arianto menyampaikan terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Riau yang sudah memberikan pembinaaan kepada instansi di Inhu dalam pengelolaan keuangan yang baik. Karena selama delapan tahun memimpin Inhu, Yopi mengaku tiga kali berturut turut meraih penghargaan WTP berdasarkan hasil pemeriksaan BPK. Dimana tahun 2010 pada laporan keuangan pemeriksaan BPK dinyatakan disclemer, tapi setelah tahun 2010 ke atas terus dilakukan perbaikan dengan berkoordinasi bersama BPK.

"Atas kerja keras seluruh OPD di Inhu, pengelolaan keuangan Inhu semakin baik sebagaimana saat ini Inhu telah sukses meraih penghargaan opini WTP," ujarnya.

Raihan WTP tersebut akan tetap dipertahankan dan lebih ditingkatkan dengan terus berkoordinasi dengan BPK serta meminta kritikan dan saran ataupun masukan, demi penyelamatan pengelolaan keuangan untuk membangun Inhu yang lebih baik. (*)








Penulis: Obrin 
Editor: Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus