Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Ayam Goreng Cepat Saji Pengaruhi Kesehatan Seksual Anak

Sabtu, 08 Juni 2013


JAKARTA-Kita mungkin sudah tahu kalau ayam goreng renyah di restoran cepat saji mengandung lemak dan kolesterol tinggi. Tapi tahukah Anda, bagi anak-anak ayam goreng junk food berpengaruh pada kesehatan seksual mereka?

Dampak yang paling terasa adalah pada anak perempuan. Di masa lalu,  menstruasi pertama kali dialami anak perempuan di usia sekitar 14-15 tahun. Namun sekarang bahkan anak usia 10 tahun pun sudah haid. Tidak salah jika banyak orang menyalahkan ayam goreng junk food sebagai biang keladinya.

“Betul memang itulah faktanya. Sebab ayam-ayam tersebut kemungkinan disuntik dan suntikan itu bisa mengandung hormon estrogen,” kata dr. H Boyke Dian Nugraha, SpOG, MARS, beberapa waktu lalu di Jakarta. Estrogen merupakan hormon wanita yang bisa merangsang haid datang lebih cepat.

Meskipun ayam-ayam tadi tidak disuntik hormon, bisa saja diberi makanan khusus agar dagingnya empuk. Bila itu dilakukan dampaknya sama saja. “Estrogen akan masuk pada ayam dan dikonsumsi anak-anak perempuan, sehingga mereka cepat matang dan cepat haid,” katanya.

Estrogen atau oestrogen merupakan sekelompok senyawa steroid yang berfungsi terutama sebagai horman seks wanita. Hormon ini menyebabkan perkembangan dan mempertahankan tanda-tanda kelamin sekunder pada wanita, seperti payudara, penebalan endometrium, dan pengaturan siklus haid.

Normalnya usia berapa anak perempuan haid untuk pertama kali? Menurut dr. Boyke, normalnya anak perempuan haid pertama pada usia 12 tahun. Namun tidak jarang anak-anak di bawah usia tersebut sudah mengalami haid. “Junk food memang benar membuat akil baligh anak lebih cepat, karena estrogen. Jadi jangan kaget, meski baru kelas 4 SD sudah haid,” katanya.

Sebenarnya tidak ada masalah haid datang secara dini. Hanya saja, Boyke menjelaskan,”Orang-orang yang menstruasinya datang lebih cepat berpotensi terkena kanker payudara. Terpapar estrogen memudahkannya terkena kanker payudara."

Bahkan junk food tadi tak hanya berpengaruh pada anak perempuan. Anak laki-laki yang berlebihan makan junk food dapat merasakan dampaknya, di mana bisa menyebabkan kegemukan dan penis mengecil.

Adakah cara aman mengonsumsi junk food? Dokter spesialis obstetri dan ginekologi ini mengatakan, sebaiknya anak-anak menghindari konsumsi junk food. Namun, dia tidak dapat melarang mereka yang suka makan ayam goreng dari resto cepat saji.

“Kalau bagi saya, lebih baik makan ayam kampung. Sebab, ayam kampung mencari makan sendiri (secara alami). Ayam kampung tidak mengandung estrogen dan itu jauh lebih sehat bagi tubuh,” urainya.

Maka cara paling aman adalah ibu memilih ayam kampung sebagai konsumsi harian. Bila sangat ingin makan junk food, bolehlah makan sesekali tapi tidak terlalu sering. Maksimal makan sekali seminggu. (Denisa Tristianty)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus