Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Berita Islami

Ayo Raih Pahala Berlipat Ganda dengan 6 Amalan Utama Berikut Saat Ramadan

Minggu, 05 April 2020

Ilustrasi berdoa. (Foto:Istimewa)

PEKANBARU-Bulan Ramadan 2020 diperkirakan jatuh tanggal 23 April 2020. Bulan Ramadan 2020 bertepatan dengan tahun 1441 Hijriah. Di Indonesia, penentuan awal Ramadan 2020, secara resmi ditetapkan berdasarkan keputusan pemerintah melalui Kementerian Agama. 

Seperti diketahui, Ramadan adalah bulan yang amat disucikan di antara bulan-bulan lainnya. Untuk menyambut Ramadan tersebut, Anda sebaiknya mengetahui sejumlah amalan utama, sehingga mendapat pahala berlipat ganda.

Berikut beberapa amalam saat Ramadan yang dirangkum dari berbagai sumber dan tentunya sangat patut dilakukan nanti.

1. Puasa
Puasa dalam bahasa arab adalah shiyam. Ini adalah Amalan di Bulan Ramadan yang wajib hukumnya dilakukan. Shiyam artinya menahan, menahan dari sesuatu yang diharamkan. Tidak boleh makan, minum bahkan melakukan maksiat yang bisa mengurangi pahala puasa.

Kita tahan mata kita dari perilaku melihat yang haram. Kita tahan kaki kita dari berjalan menuju tempat-tempat bermaksiat. Kita tahan tangan kita dari memukul, mengambil yang bukan hak kita.

Kita tahan pula mulut kita dari mengeluh, membicarakan orang lain. Kita tahan telinga kita dari mendengar yang buruk.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqara: 183)

2. Salat Tarawih
Ibadah sunnah yang khas di bulan Ramadan adalah salat tarawih. Salat Tarawih merupakan amalan dengan nilai pahala sangat tinggi. Tarawih merupakan ibadah yang selalu dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW pada malam Ramadan.

Salat ini bisa dilakukan di rumah sekalipun. Terdapat beberapa praktik tentang jumlah raka’at dan jumlah salam pada salat tarawih ini. Pada masa Nabi Muhammad, salat tarawih hanya dilakukan tiga atau empat kali saja, tanpa ada satupun keterangan yang menyebutkan jumlah raka’atnya.

Mungkin kamu juga banyak mendengar perbedaan tentang salat tarawih ini, namun agar tetap menjalankan amalan ini kamu bisa mengikuti ulama yang sudah memilih mazhab yang sesuai.

3. Dzikir
Di antara amalan yang mulia dan disukai oleh Allah SWT adalah berdzikir. Rasulullah SAW pernah ditanya seorang sahabat, “Apa amalan yang paling mulia ya Rasulullah”. Kemudian Rasulullah menjawab, ”Ketika engkau meninggalkan dunia, sedangkan lidahmu dalam keadaan basah karena berdzikir kepada Allah.”

Di dalam Al Quran dijelaskan :

الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَٰذَا بَاطِلًا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

“(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka”. (QS. Ali Imron: 191)

4. Sedekah
Umat Islam dianjurkan untuk banyak bersedekah di bulan Ramadan dengan mencontoh Nabi Muhammad SAW, baik untuk kepentingan fisabilillah maupun kaum dhuafa dan fakir miskin.

Dan salah satu bentuk sedekah yang dianjurkan selama Ramadan adalah memberikan iftar alias santapan berbuka puasa) kepada orang-orang yang menunaikan ibadah puasa.

5. Iktikaf
Mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara iktikaf atau berdiam diri di dalam masjid, terutama pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadan, sebagaimana dilakukan Nabi Muhammad.

Diriwayatkan dari Ibnu Umar, "Rasulullah saw selalu beriktikaf pada sepuluh hari yang penghabisan di bulan Ramadan.” [Muttafaq ‘Alaih].

6. Membaca Al Quran
Salah satu amalan yang dianjurkan untuk ditingkatkan pada bulan Ramadan adalah memperbanyak membaca Al Quran. Selain segala amalan kebajikan dilipatgandakan di bulan Ramadhan, membaca satu huruf dalam al Quran akan diberikan sepuluh kebaikan, bahkan bagi yang terbata-bata diberikan dua pahala.

Hal itu berdasarkan dua hadis berikut:

الْمَاهِرُ بِالْقُرْآنِ مَعَ السَّفَرَةِ الْكِرَامِ الْبَرَرَةِ وَالَّذِى يَقْرَأُ الْقُرْآنَ وَيَتَتَعْتَعُ فِيهِ وَهُوَ عَلَيْهِ شَاقٌّ لَهُ أَجْرَانِ

“Orang yang membaca Al Quran dengan mahir adalah bersama para malaikat yang mulia lagi taat, sedangkan orang yang membaca Al Quran dengan tergagap dan susah membacanya baginya dua pahala.” [Hadits Muttafaq ‘Alaih]

مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لَا أَقُولُ آلم حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

“Barangsiapa membaca satu huruf dari kitab Allah maka baginya satu kebaikan dan satu kebaikan itu dibalas sepuluh kali lipatnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf; tetapi alif satu huruf; lam satu huruf dan mim satu huruf.” [HR. At-Tirmidzi]

Demikian beberapa Amalan di Bulan Ramadan yang bisa dan patut dilakukan. Semoga menjadi pijakan bagi Anda untuk menyambut Ramadan penuh berkah tahun ini. (*)



Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus