Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Bagaimana Cara Mengetahui Telur Ayam Masih Segar Atau Tidak

Senin, 15 Juli 2019

Menguji telur segar. (Foto:Copyright Shutterstock.com)

PEKANBARU-Salah satu bahan makanan yang disukai banyak orang adalah telur, terutama telur ayam. Selain harganya termasuk terjangkau, telur ayam juga mudah memasaknya dan bisa dibuat berbagai macam kreasi.

Telur biasanya juga jadi bahan yang harus ada dalam membuat kue. Tapi pernahkah Anda mendapati telur yang digunakan untuk memasak atau membuat kue ternyata sudah busuk?

Ada baiknya memang kita memastikan dulu kualitas telur ayam yang akan kita gunakan. Dilansir dari Fimela, Minggu, 14 Juli 2019, ada trik sederhana yang bisa kita lakukan untuk mencari tahu kualitas dan kesegaran telur.

Anda hanya perlu menyiapkan gelas atau baskom berisi air untuk mencari tahu kualitas telur ayam. Bagaimana cara mengetesnya?

1. Masukkan telur dalam gelas atau baskom berisi air

Siapkan gelas atau baskom berisi air. Isi air sampai penuh. Setelah itu masukkan telur secara perlahan ke dalamnya. 

2. Bila tenggelam, telur masih segar
Kalau telur langsung tenggelam, bisa disimpulkan kualitasnya masih bagus. Telur yang masih segar ini bisa langsung diolah sesuai dengan keinginan. Namun kalau telur malah melayang atau mengambang di permukaan, sebaiknya telur tidak digunakan karena sudah tidak segar atau justru busuk. 

Telur segar akan selalu tenggelam karena tidak ada udara di dalam cangkangnya. Sebaliknya, kalau telur sudah busuk atau berkualitas buruk, ada udara di dalam cangkangnya dan membuatnya melayang atau mengambang saat dimasukkan ke dalam air.

Selain itu, kalau telur sudah mengeluarkan bau busuk, sebaiknya segera dibuang. Bila telur yang kita peroleh kita dapat langsung dari ayam, sebaiknya tak usah dicuci. Telur punya lapisan alaminya sendiri yang membantu melindunginya dari bakteri.

Cukup letakkan telur di dalam wadah dan simpan di bagian tengah kulkas. Kenapa harus di bagian tengah? Sebab di bagian tengah kulkas, suhunya lebih stabil. Nah, kini Anda tidak perlu bingung lagi untuk mencari tahu kesegaran dan kualitas telur ayam. (*)

 
 


Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Fimela.com 


Berita terkait :

    Terkini
    Terpopuler


    riau riau
     
    situs portal berita riau
    fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus