Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Bagaimana Mengatur Strategi Pola Makan Sehat Selama Bekerja dari Rumah

Selasa, 07 April 2020


PEKANBARU-Bekerja dari rumah atau work from home selama masa pandemi virus corona, berarti dekat dengan sumber makanan. Anda bisa dengan mudah menjangkau dapur atau menengok apa saja yang tersisa di kulkas dan mencomotnya sewaktu-waktu.

Selama bekerja dari rumah, makanan bisa jadi adalah musuh terburuk. Sebaliknya, terkadang justru efisiensi bekerja di rumah membuat sebagian dari Anda lupa makan sama sekali. Karena keduanya sama buruknya, ada baiknya mulai sekarang Anda mencoba mengatur strategi agar pola makan tetap terjaga selama bekerja di rumah. 

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. Mengatur jadwal
Para freelancer sukses hapal betul dengan rutinitas bangun, cuci muka, kenakan pakaian selayaknya bekerja dan tetapkan jadwal untuk mengakses telepon genggam, termasuk juga soal jadwal makan. Ahli terapi gizi, Wilma MacDonald mengatakan kepada HuffPost, mengemil di sana-sini adalah kekeliruan terbesar yang dilakukan orang-orang yang bekerja dari rumah.

Untuk itu, Wilma yang telah terbiasa bekerja dari rumah ini merekomendasikan untuk mengatur jadwal seperti hari kerja biasa. Misalnya, saat istirahat jam makan siang, beberapa istirahat kecil, dan tetapkan fokus hanya pada makanan yang paling penting: sarapan. "Sarapan dulu dan makan jauh-jauh dari meja kerja Anda sebelum mulai," kata MacDonald.

Anda bisa memilih gandum hangat dan mentega kacang, telur, alpukat, atau roti bakar isi telur. Sarapan yang kaya protein membuat Anda kenyang dan menjaga kadar gula tetap seimbang. Dengan begitu, Anda tak perlu mencari camilan setiap satu jam.

2. Sebisa mungkin makan jauh dari meja kerja
Seringkali Anda berpikir, sarapan atau makan di meja kerja akan membantu mempercepat menyelesaikan pekerjaan. Tapi seorang veteran yang sudah lama bekerja dari rumah tahu bahwa cara itu jarang berhasil.

Selalu perlu usaha yang lebih ketika makan di meja kerja, fokus Anda pun akan terbagi. Lebih dari itu istirahat khusus Anda akan berkurang. Itu sebab MacDonald menyarankan bukan hanya untuk makanan, meja kerja Anda juga harus steril dari gadget.

3. Tetapkan batas kafein dan tingkatkan hidrasi
Mereka yang baru mengenal gaya hidup 'bekerja dari rumah' acap kagum dengan banyaknya kopi yang mereka minum. Ketika menjerang air, Anda tak ingin menyia-nyiakannya begitu saja. Dan akhirnya akan minum kopi jauh lebih banyak daripada ketika Anda di tempat kerja.

Namun hal tersebut bukan hal terburuk, sebab FDA mengatakan 400 miligram atau setara empat hingga lima cangkir kopi masih tergolong aman bagi kesehatan. Tapi tergantung kondisi masing-masing tubuh. Yang terpenting adalah waktu minum.

"Jika Anda minum kafein, minumlah kopi antara pukul 9 dan 11 pagi. Ini adalah waktu terbaik sehingga tidak mengganggu siklus alami tidur dan bangun," MacDonld menyarankan.

Tapi ingat, tetap minum air putih. Pastikan air ini mudah Anda jangkau. Pastikan selalu ada gelas berisi air putih di meja kerja Anda, atau gunakan botol tumblr yang biasa Anda pakai.

"Gelas di meja itu berfungsi sebagai pengingat, sekaligus membantu untuk menghindari ngemil yang tidak perlu ketika saya belum lapar betul," kata MacDonald.

4. Siapkan camilan sehat
Anda tentu tak ingin mengemil berlebihan, tapi juga tak mau mati kelaparan. Itu sebab MacDonald menyarankan untuk bertanya pada diri, sebelum beranjak mendekati kulkas.

"Sebelum Anda ngemil, tanyakan pada diri sendiri, apakah kamu makan karena lapar atau bosan, stres, kesal atau kesepian?"

Ketika itu lapar, maka jangan tunda lagi. MacDonald menyarankan camilan sehat seperti buah-buahan seperti apel dan pir, kurma, sayuran seperti wortel atau juga smoothie. "Mulailah dengan bahan dasar sayuran hijau, tambahkan buah atau protein seperti biji chia," kata dia.

5. Buat jurnal makanan
Nutrisi adalah hal personal. Boleh jadi berbeda pada masing-masing orang bergantung jenis pekerjaan yang ia lakukan dan kondisi tubuh. Karena itu MacDonald menyarankan penjurnalan pada pekan pertama Anda bekerja di rumah.

"Pantau bagaimana perasaan Anda sepanjang hari, terutama soal energi. Dan tulislah di buku harian makanan untuk melihat pola apapun yang muncul," kata dia.

Masa-masa isolasi mandiri di rumah selama pandemi ini memerlukan adaptasi. Anda akan mulai menyesuaikan mulai dari pola makan hingga kondisi emosional. "Anda mungkin akan makan segala yang ada pada pekan-pekan pertama, dan menyadari bahwa itu keliru, kemudian merasa betapa lamban Anda menyadari ini," tutur MacDonald.

Hal itu tak apa-apa. Sebab perlu waktu adaptasi untuk menemukan pola pada masing-masing orang. (*)



Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: CNNIndonesia


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus