Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Otomotif

Bagian Motor Mana yang Harus Dicek Setelah Terendam Banjir

Sabtu, 04 Januari 2020

Ilustrasi banjir merendam kendaraan. (Foto:CNNIndonesia)

PEKANBARU-Sepeda motor yang terendam banjir di Jakarta dan sejumlah daerah di Tanah Air perlu mendapat perhatian khusus. Ini dilakukan supaya komponen tertentu yang rentan air tidak mengalami kerusakan semakin serius.

Pengecekan kuda besi disarankan dilakukan pihak ahli atau bengkel terpercaya agar penanganannya lebih optimal. Pemilik bengkel RI Matic Shop, Muhammad Ikim mengatakan, komponen yang perlu diperhatikan usai motor terendam banjir adalah sistem pengapian, seperti busi dan kabelnya, karburator, saringan udara dan koil.

Ikim menjelaskan, sebelum melakukan penanganan sebaiknya kabel baterai dicopot lebih dulu buat menghindari korsleting.

Disarankan, jangan menyalakan mesin menggunakan tombol starter ataupun kick starter bila motor sudah pernah terendam banjir. Karena ada kemungkinan air sudah masuk ke area internal mesin melalui celah-celah kecil.

"Nah selanjutnya untuk yang sudah ECU [mesin injeksi] cek jalur kabel-kabelnya itu wajib kering," kata Ikim, Jumat kemarin.

Kemudian cek juga bagian air intake dan intake atau throttle body. Jalur masuk udara buat pembakaran ini disebut wajib bebas dari air.

Semua pelumas, seperti oli mesin dan gardan, dijelaskan Ikim harus dikuras. Selain itu kuras juga tangki bahan bakar karena dikhawatirkan bensin sudah tercampur air. "Lalu keringkan juga sekring fuse box," ucap Ikim.

Selanjutnya sebelum baterai dipasang cek dulu kabel kontak, jangan ada yang basah. Baru setelah itu cek sistem pengereman, yaitu cairan dan kampas remnya. "Bila semua sudah dicek atau diganti. Nyalakan motor dengan perlahan jangan dipaksa. Kalau belum mau hidup agar aki tidak tekor cukup cek ulang busi atau cop koil keluar percikan api dan bensin keluar dari karbu atau injektor secara normal," kata Ikim. (*)



Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: CNNINdonesia


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus