Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Nasional

Bahas Indeks Kerawanan Pilkada 2018, Menko Polhukam Rapat dengan 3 Menteri

Rabu, 01 November 2017

Menko Polhukam bahas indeks kerawanan Pilkada. (Foto: Ilustrasi)

JAKARTA-Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto menggelar rapat koordinasi bersama Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

"Tadi kita minta penjelasan dari Mendagri, daerah mana yang kita rasa masih rawan. Kemudian kita cek lebih jauh kerawanannya bidang apa, kita koordinasikan dengan harapan, menjelang Pilkada indeks kerawanannya sudah selesai sudah kita atasi semua," kata Wiranto, Rabu (1/11/2017)  di Jakarta.

Untuk memetakan kerawanan sebelum pelaksanaan Pilkada 2018, rapat koordinasi akan dilakukan setiap minggu. "Kita harapkan pada saat Pilkada nanti semuanya dalam keadaan yang kondusif, damai, tenteram tidak ada hambatan apa-apa," katanya.

Daerah yang menjadi pusat perhatian dalam pelaksanaan Pilkada yakni Papua. Mengingat pemilihan di provinsi paling timur di Indonesia ini selalu memantik konflik horizontal.

Selain itu, provinsi seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur dan Sulawesi Tenggara juga patut diantisipasi karena kepadatan penduduk yang tinggi. "Tapi saya kira semuanya masih pada batas-batas yang dapat kita netralisir, belum ekstrem. Mudah-mudahan tidak ke sana, maka kita terus melakukan rapat koordinasi untuk terus mencoba mengendalikan kondisi di lapangan supaya tetap kondusif," ujar Wiranto seperti dilansir fokusriau.com dari laman okezone.

Sementara itu, indeks kerawanan Pemilu yang disusun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) belum diterima oleh Wiranto. Data kerawanan Pemilu dari Bawaslu diperkirakan akan rampung dalam waktu dekat. Data itu sebagai pedoman bagi penyelenggara dan aparat keamanan untuk melakukan antisipasi.

Sebelumnya, komisioner Bawaslu, Fritz Edward Siregar mengatakan, pemetaan indeks kerawanan Pemilu (IKP) untuk pelaksanaan Pilkada serentak 2018 ditargetkan rampung pertengahan bulan ini. Ia menyatakan saat ini pemetaan tersebut masih dalam proses pengolahan data. Bawaslu juga sudah melakukan pemetaan dan melakukan kunjungan juga ke 17 provinsi yang akan menyelenggarakan Pilkada. (andi affandi)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus