Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Pendidikan

Balai Bahasa Riau Taja Pemilihan Duta Bahasa 2018, Ayo Daftar, Ini Syaratnya!

Selasa, 20 Februari 2018

Balai Bahasa menggelar pemilihan duta bahasa. (Foto:Asih/FokusRiau.Com)

PEKANBARU-Balai Bahasa Riau kembali menggelar Pemilihan Duta Bahasa Riau 2018. Panitia sudah membuka pendaftaran dari 19 Februari sampai 2 Maret di Balai Bahasa Riau, Jalan Binawidya, Kompleks Universitas Riau, Panam, Pekanbaru. Pemilihan Duta Bahasa Riau terbuka untuk para pelajar, mahasiswa atau umum yang berdomisili di Riau.

Tentu saja pemilihan ini harus memiliki kriteria yang harus dipenuhi, di antaranya berusia antara 18-25 tahun, tinggal di Riau dan dibuktikan dengan KTP/kartu Pelajar/kartu mahasiswa atau surat domisili. Menguasai Bahasa Indonesia dengan baik  dan bahasa asing atau bahasa Melayu lebih diutamakan, memiliki wawasan budaya Melayu yang memadai, berpenampilan dan berkarakter yang menarik, berbadan sehat dan memiliki tinggi badan ideal minimal 155 cm untuk perempuan dan 160 cm untuk laki-laki dibuktikan dengan surat keterangan dokter, melampirkan foto berwarna 4R seluruh badan dan close up. 

"Kemudian mengisi lembaran biodata yang disediakan panitia. Selain itu tidak terikat atau sedang menjabat program duta lainnya," kata Panitia Pemilihan Duta Bahasa Riau Dasni Elsa Meilianti, Selasa siang.

Dikatakan, saat ini, sudah tujuh orang mendaftar sebagai peserta. Mereka berasal dari beberapa Universitas di Riau. Menurutnya, beberapa tahap yang harus dilalui peserta setelah pendaftaran adalah administasi, wawancara, penampilan bakat, tes tertulis sampai akhirnya 20 pasang finalis diumumkan.

Setelah itu, panitia akan melakukan tes UKBI dan pembekalan, presentasi makalah tentang program kerja duta bahasa, kampanye bahasa diarea hari bebas berkendara dan final pemilihan duta bahasa Riau 2018.

"Tiga orang pemenang akan mendapat penghargaan berupa piagam dan uang tunai. Dimana pemenang 1 memperoleh hadiah Rp5000.000, kedua sebesar Rp4000.000 dan pemenang ketiga berhak memperoleh Rp3000.000," ujar Dasni.(asih amalia)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus