Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Lifestyle

Bangun Kreatifitas Anak, LPA Dumai Bina Warung Kreatif

Rabu, 05 November 2014

Ketua LPA Riau, Ester Yuliani dan Ketua GOW Dumai, Onny Chairunnisa menggunting pita pada launching

DUMAI-Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kota Dumai terus melakukan berbagai upaya untuk memacu perkembangan anak-anak. Tidak hanya perlindungan terhadap hak anak dari kekerasan, LPA juga ingin membina anak-anak Kota Dumai menjadi lebih kreatif. Di antaranya dengan melakukan pembinaan usaha, pendidikan dan lain sebagainya.

Untuk mewujudkan hal itu, LPA Kota Dumai melaunching Warung Kreatif Anak yang berada di Jalan Pesantren KM 4 RT 14, Kelurahan Bukit Timah, Kecamatan Dumai Selatan. Usaha itu dibantu LPA Dumai dan juga ikut sejumlah perusahaan, instansi serta donatur perorangan. Semua bantuan dianjurkan LPA dalam bentuk barang.

Sekretaris LPA Kota Dumai, Surniati mengatakan, sarana ini agar anak dapat mengisi dan memanafaatkan waktu dengan kegiatan positif. “Dengan tersedianya lapangan usaha ini memulai anak untuk belajar mandiri. Karena mandiri itu tidak terjadi secara instan. Usaha ini butuh bimbingan LPA dan kita semua. Kita di LPA hanya membantu mencarikan jalan atau ide. Dan usaha ini juga dibantu oleh beberapa donatur,” papar Surniati, Rabu (5/11).

Dikatakan, usaha ini untuk membantu pemenuhan tuntutan kebutuhan ekonomi anak yang semakin meningkat seiring pertumbuhan usia anak itu sendiri. Dan sarana ini juga untuk melatih kecerdasan sosial anak. “Program berbagi kasih sayang ini berkat kerjasama dari donatur yang telah mendukung, di antaranya BAZ Kota Dumai Unit RSUD, Lembaga Amil Zakat PT Wilmar Pelintung, PSMTI, Rumah Cantik Zaitun, Sentral Servis Auto Prima, Warung Roti Canai Aslam, Edi kulkas Dumai, Jamaah Mushalla Azzikra, Rohayati, Isramiarti, Yuli, ibu Cut Puskesmas Dumai Kota,  Willy, Mukhrim dan Salman,” urai Surniati.

Sementara, Ketua LPA Kota Dumai, Novita Husni menambahkan, hak anak mendapat perlindungan dari pemerintah dan juga masyarakat, namun kebanyakan hak anak sering dilanggar. “Tanggal 3 Januari 2013 lalu, LPA Dumai telah dibentuk. Dengan wadah ini diharapkan bisa memperkuat perlidungan hak anak dan memberi solusi bagaimana masalah anak yang timbul dapat diselesaikan. Kami juga minta Pemko Dumai dan masyarakat agar sama-sama menangani kasus anak yang terjadi dihadapan kita,” ujarnya.

Ketua LPA Provinsi Riau, Ester Yuliani juga memberikan apresiasi, karena peran LPA Dumai sangat peduli terhadap hak anak. Dan bukan hanya itu, dengan adanya warung ini anak-anak yang membutuhkan dapat terbantu.

Sementara penerima bantuan Warung Kreatif Anak, Sri Dahlia mengucapkan terimkasih atas bantuan dari LPA dan juga sejumlah donatur yang telah meringankan beban dirinya dan adik-adiknya serta kakaknya.

“Saat ini orangtua kami telah tiada berkat bantuan bapak-ibu beban kami menjadi berkurang. Kami ucapkan terimakasih. Bapak-ibu sekalian adalah orangtua kami. Sebelumnya saya dan 6 orang adik dan kakak saya sangat sulit keuangan. Setelah saya bertemu dengan buk Surniati tiba-tiba ibu Sur berikan saya formulir agar saya kuliah dan sekarang dibantu lagi dengan membuka warung ini,” ujar Dahlia. (dik)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus