Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Daerah

Banjir Melanda Dua Desa di Rokan Hulu Riau, Tim Gabungan Evakuasi Warga

Senin, 06 April 2020

Petugas mengevakuasi korban banjir di Rambah. (Foto:Dok. Koramil 02/Rambah)

PEKANBARU-Sejumlah pemukiman warga di Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, Riau dilanda banjir, Minggu (5/4/2020). Anggota Babinsa Koramil 02/Rambah Koptu Mahendra mengatakan, banjir terjadi akibat hujan deras yang mengguyur. 

Selain itu, banjir disebabkan air kiriman dari hulu sungai di Padang Lawas, Sumatera Utara (Sumut). "Hujan deras mengakibatkan air Sungai Batang Lubuh meluap dan juga air kiriman dari hulu sungai," ujar Mahendra, Minggu kemarin. 

Disebutkan, banjir di Rambah menggenangi permukiman di dua desa, yaitu Desa Babussalam dan Desa Pematang Berangan. Dari dua desa ini, terdapat 250 kepala keluarga (KK) yang berdampak banjir. 

Tak hanya rumah warga, banjir juga menggenangi ruas jalan lintas Kota Pasir Pengaraian. Akibatnya, akses lalu lintas dialihkan ke Jalan Lingkar, Desa Suka Maju, Kecamatan Rambah. "Ketinggian banjir mulai dari 70 sentimeter hingga 1 meter. Sampai malam ini, air masih belum juga surut," kata dia. 

Dikatakan, penanganan dampak banjir telah dilakukan tim gabungan dari kepolisian, TNI, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan pemerintah setempat. Petugas juga mengevakuasi warga yang terdampak banjir cukup parah. Namun, tidak ada korban jiwa akibat banjir tersebut. "Yang kami evakuasi dua KK ke tempat yang lebih tinggi," kata Mahendra. (*)



Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Kompas.com


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus