Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Ekonomi

Bank Riau Kepri Bersama 37 OPD Pemkab Karimun Sepakati Transaksi Non Tunai

Minggu, 21 Januari 2018

Bupati Aunur bersama Dirut Bank Riau Kepri Irvandi Gustari menandatangani perjanjian kerjasama pela

KARIMUN-Setelah sebelumnya menjadi pionir penerapan SIMDA di kawasan Propinsi Kepulauan Riau, kali ini Pemerintah Kabupaten Karimun kembali menandatangani perjanjian kerjasama dengan Bank Riau Kepri tentang pelaksanaan transaksi non tunai, Jumat (19/1/2018). Kerjasama dilakukan 37 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Karimun bersama Bank Riau Kepri.

Kerjasama transaksi non tunai merupakan salah satu bentuk langkah yang lugas dari Pemerintah Kabupaten Karimun dalam menerapkan aspek transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. 

Untuk mendukung terwujudnya Good Corporate Governace (GCG) dalam penyelenggaraan otonomi daerah, terutama dalam pengelolaan keuangan daerah, Pemerintah Kabupaten Karimun melakukan kerjasama transaksi non tunai ini kepada 37 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Kerjasama ini dilaksanakandi Rumah Dinas Bupati Karimun Aunur Rafiq. 

Penandatanganan perjanjian dilakukan Bupati Aunur Rafiq bersama Direktur Utama Bank Riau Kepri DR Irvandi Gustari dan disaksikan Wakil Bupati Anwar Hasyim beserta Direktur Operasional Bank Riau Kepri Denny M. Akbar, Komut Bank Riau Kepri HR. Mambang Mit, Komisaris Independen Taufiqurrahman dan Pemimpin Divisi Projas Rizali Effendi beserta Pemimpin Bank Riau Kepri Cabang Karimun Baharuddin. 

Kerjasama transaksi non tunai untuk mensukseskan program pemerintah pusat terhadap pelaksanaan transaksi non tunai berdasarkan Instruksi Presiden No. 10 dan SE Mendagri No. 910/1866/SJ tahun 2017 tanggal 17 April 2017 tentang Implementasi Transaksi Non Tunai Pada Pemerintah Daerah Provinsi. 

Transaksi non tunai dapat menciptakan akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan daerah. Peran perbankan dalam implementasi non tunai ini memiliki banyak dampak positif seperti mempermudah pelayanan, meminimalisir resiko penyelewengan pembayaran dari sisi penerimaan daerah dan peningkatan akurasi pendapatan daerah. 

Bupati Aunur menyampaikan apresiasinya terhadap penandatanganan perjanjian kerjasama yang dilakukan bersama bank kebanggaan masyarakat Riau dan Kepri ini. Dia berharap, terealisasinya kerjasama ini dapat meningkatkan pelayanan Pemerintah Kabupaten Karimun kepada Masyarakat. 

Ke depan, dia berharap untuk pembayaran honor seluruh guru TPQ, RT/RW dan petugas kebersihan Kabupaten Karimun dapat dilakukan secara non tunai. Masih pada acara yang sama Direktur Utama Bank Riau Kepri DR. Irvandi Gustari menyampaikan Kabupaten Karimun termasuk yang pertama menerapkan transaksi non tunai kepada seluruh OPD. Disampaikan, teknologi Bank Riau Kepri saat ini sangat mumpuni untuk mendukung kegiatan online seperti transaksi non tunai ini. 

Usai melakukan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Bank Riau Kepri dengan Pemerintah Kabupaten Karimun juga dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerjasama antara Bank Riau Kepri Cabang Karimun dengan 37 OPD Kabupaten Karimun yang dalam hal ini diwakilkan oleh Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Karimun. (rls/syafriadi)   


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus