Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Ekonomi

Bantu Petani Melalui Asuransi, Paino: Disnakan Inhu Siapkan Program AUTP

Sabtu, 05 Mei 2018

Plt Kepala Disnakan Inhu Paino. (Foto:Istimewa)

INDRAGIRI HULU-Plt Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (Disnakan) Inhu Paino SP didampingi Kabid Tanaman Pangan Hortikultura Yasma Indra mengatakan, Disnakan sudah memanggil PT Asuransi Jasa Indonesia (Jasindo) dua hari lalu untuk membahas Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP).

Tahun ini, ada program asuransi usaha tani padi untuk kelompok tani subsidi dari pemerintah untuk membantu bagi petani padi yang gagal panen. Sebab petani membayar premi ansuransi hanya Rp36.000 permusim panen per hektare pertahun. Namun bila petani padi terjadi gagal panen mendapat klaim Jasindo sebesar Rp3 juta sampai Rp 6 juta perhektare.

Siapapun tidak menginginkan usaha tani padi gagal panen, tapi sebelumnya pemerintah sangat peduli untuk membantu petani padi demi upaya dalam peningkatan kesejahteraan bagi usaha tani padi di Inhu.

"Akan tetapi, usaha tani padi  untuk mendapat klaim dari asuransi tersebut didukung bukti fisik sesuai ketentuan dengan umur padi yang bisa diganti sudah melewati 10 hari tanam dan umur padi sudah melewati 30 hari atau tabela/gogo rancak dengan intensitas kerusakan 75 persen," ujar Paino kepada FokusRiau.com, Jumat kemarin.

Dikatakan, saat ini petugas penyuluhan sedang melakukan sosialisasi program asuransi usaha tani padi, untuk upaya dalam peningkatan kerberhasilan usaha tani padi di Inhu. Sebab kriteria dan syarat calon AUTP tersebut petani yang memiliki lahan sawah dan melakukan usaha budidaya tanaman padi pada lahan luas dua hektare dan petani penggarap yang tidàk memiliki lahan usaha tani dan menggarap lahan sawah paling luas dua hektare.

"Kemudian sawah irigasi dan lahan sawah tidak hujan yang tersedia sumber air prioritas pada wilayah sentra produksi padi/UPSUS dan lokasi terletak dalam satu hamparan," ungkapnya. (*)



Penulis : Obrin
Editor : Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:57:13 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:51 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:50 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:49 WIB
      Senin, 22 Oktober 2018 - 18:54:49 WIB



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus