Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Ekonomi

Banyak Warga di Indragiri Hulu Kesulitan Peroleh Elpiji 3 Kg

Senin, 10 Desember 2012


RENGAT-Program konversi minyak tanah ke gas elpiji yang sudah dicanangkan pemerintah pusat beberapa tahun lalu, ternyata masih belum menyentuh sampai ke desa-desa. Salah satu bukti adalah masih banyak warga desa di Kabupaten Indragiri Hulu yang kesulitan mendapatkan gas elpiji ukuran tiga kilogram. Padahal, elpiji saat ini sudah menjadi kebutuhan masyarakat di desa-desa seluruh Indonesia, termasuk di Indragiri Hulu.

Kesulitan warga mendapatkan elpiji tersebut karena letaknya berjauhan antara desa dan kecamatan, serta jarak tempuh yang sangat jauh menuju pusat kota. "Untuk mencapai pangkalan tempat penjualan elpiji jaraknya puluhan kilometer dan itu memberatkan. Kini saya beralih memasak dengan kayu atau minyak tanah," kata Yanti, seorang ibu rumah tangga di Desa Rakit Kulim, Kecamatan Rengat, Minggu (9/12).

Dikatakan, sebenarnya apa yang menjadi program pemerintah untuk mengganti minyak tanah menjadi gas mendapat respon semua warga. Hanya saja tidak semua warga tahu informasi itu, sampai saat ini masih banyak warga masyarakat menggunakan minyak tanah dan kayu bakar, disamping itu masih ada warga takut gas meledak.

"Ditempat saya tinggal sebagian besar masih menggunakan minyak tanah dan kayu, karena sulit mendapatkan gas tersebut, lagi pula harganya mahal. Saya berharap pangkalan gas itu lebih diperbanyak, dan harganya jangan melambung tinggi, ada yang mencapai Rp18.000 pertabungnya, walaupun kami berada didaerah yang jauh," ujarnya.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Pengelolaan Pasar, Illianto melalui Kepala Seksi Produksi dan Promosi, Yandi membenarkan kurangnya informasi yang disampaikan kepada masyarakat Inhu tentang konversi. "Anggaran untuk sosialisasi tidak ada dan program itu sudah lama didengung-dengungkan pemerintah pusat dan sudah memasyarakat," tukasnya.

Menurutnya, sampai Desember 2012, Kabupaten Indragiri Hulu telah memiliki 50 buah pangkalan gas yang tersebar di hampir seluruh kecamatan seluruh Inhu. (isc)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus