Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Politik

Bawaslu Ingatkan KPU Riau Selesaikan Masalah DPT Ganda, Temuan Terbanyak di Inhu

Jumat, 31 Agustus 2018

Ketua KPU Riau Nurhamin (baju putih) serahan penetapan DPT Pemilu 2019. (Foto:Istimewa)

INDRAGIRI HULU-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Riau mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau untuk segera menyelesaikan masalah Daftar Pemilih Tetap (DPT) ganda. Saat ini, ditemukan 9.761 pemilih ganda di tujuh kabupaten/kota.

Komisioner Bawaslu Riau Neil Antariksa mengatakan, mengingat masa penetapan DPT Pemilu 2019 dijadwalkan akan berlangsung awal September, pihaknya berharap agar persoalan tersebut segera dituntaskan.

"Kita berharap agar segera bisa dimasukkan jelang penetapan DPT nasional, sehingga seluruhnya bisa tuntas. Karena waktu penetapan DPT nasional rencananya dilaksanakan awal September ini," kata Neil Antariksa, Jumat (31/8/2018).

Dari jumlah 9.761 dugaan DPT ganda tersebut, terbanyak ditemukan di Indragiri Hulu sebanyak 7.421 pemilih. Selanjutnya di Rokan Hulu sebanyak 890 pemilih, kemudian Pelalawan sebanyak 783 pemilih, kemudian Dumai sebanyak 550 pemilih, Indragiri Hilir ada 70 pemilih, Siak sebanyak 45 pemilih dan Kuansing sebanyak ada dua pemilih.

Bawaslu Riau awalnya kekeh agar DPT ganda langsung ditindaklanjuti sebelum penetapan DPT tingkat provinsi dilaksanakan, agar bisa dipastikan angka DPT Riau yang lebih valid untuk Pemilu 2019 tersebut.

Namun KPU Riau menyatakan belum bisa menindaklanjuti hal tersebut secara langsung, karena untuk melakukan hal itu harus melibatkan KPU kabupaten/kota dan membuka sistem kembali serta melakukan penyisiran.

Atas temuan tersebut, akhirnya Bawaslu Riau merekomendasikan agar KPU Riau melakukan koordinasi dengan KPU kabupaten/kota di Riau, untuk melakukan penyisiran DPT ganda tersebut, dalam waktu dekat. Mengingat masa penetapan DPT tingkat nasional tinggal beberapa hari lagi.

"Kita merekomendasikan kepada KPU untuk lakukan penyisiran, dan mereka berjanji akan menindaklanjuti hal tersebut jelang penetapan di nasional. Mereka akan usulkan ke KPU RI jelang penetapan DPT tingkat nasional," tukasnya. (*)




 
 
Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Tribunpekanbaru


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus