Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Berita Islami

Baznas Siak Kembali Taja Gemar Zakat, Alfedri: Ramadan Momen Umat Muslim Berzakat

Kamis, 10 Mei 2018

Plt Bupati Alfedri (kiri) rapat persiapan Gemar Berzakat. (Foto: Humas/FokusRiau.Com)

SIAK-Plt Bupati Siak Alfedri meminta seluruh camat untuk segera mendata para muzaki yang berpotensi mengeluarkan zakat. Langkah tersebut diambil, melihat masih kecilnya serapan dana zakat di Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) kecamatan. 

Demikian disampaikan Alfedri kala membuka rapat persiapan pendistribusian zakat tahap II tahun 2018 di ruang rapat Pucuk Rebung Kantor Bupati Siak, Rabu (9/5/2018). Menurut Alfedri, bila dihitung jumlah muzaki di Siak cukup banyak. Mereka berpotensi untuk mengeluarkan zakatnya.

Sekarang tinggal bagaimana camat sebagai perpanjangan tanggan bupati, bersama UPZ kecamatan dan kampung untuk jemput bola, datang ke rumah muzaki dan menyampaikan risalah serta manfaat zakat bagi umat yang belum bernasib baik. "Kita meminta camat agar mendata potensi muzaki di kecamatan. Mereka yang berpotensi mengeluarkan zakat, diundang dan diberikan penjelasan tentang manfaat zakat," ujar Alfedri. 

Alfedri mengimbau, jelang masuknya Ramadan, Baznas Siak akan menyalurkan zakat konsumtif tahap II tahun 2018 di 14 kecamatan. Selain itu, Baznas akan melakukan Gemar Berzakat (Gerakan Masyarakat Siak Berzakat) dan diharapkan menjadi momen bagi umat muslim untuk menyalurkan zakat.

Sementara itu, Ketua Baznas Siak Abdul Rasyid Suharto Pua Upa menyenjelaskan, rapat dilakukan untuk persiapan dua kegiatan Baznas Siak yang segera dilaksanakan. Untuk acara Gemar Berzakat akan dilaksanakan mulai 21 Mei 2018 atau 4 Ramadan di 14 kecamatan.

"Kegiatan Gemar Berzakat merupakan kegiatan kelima kalinya dimelaksanakan. Tahun lalu kita lakukan di tujuh kecamatan. Sedangkan tahun 2018 dilaksanakan di seluruh kecamatan yang ada di Siak. Penyaluran zakat tahap II dengan total dana yang akan disalurkan Rp1,6 miliar dengan pola konsumtif untuk 1.962 mustahik," tukasnya. (*)



Penulis : Satria Donald
Editor : Boy Surya Hamta


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler



 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus