Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Utama

Bea dan Cukai Amankan 718,16 gram Sabu Senilai Rp1,5 M

Senin, 29 April 2013


DUMAI-Bea Cukai Madya Pabean Dumai, Sabtu (27/4) berhasil menggagalkan upaya penyelundupan sabu-sabu (crystal methamine) seberat 718,16 gram senilai Rp1,5 miliar dari tangan seorang warga Aceh, Syamsuddin Usman (68) di terminal pelabuhan penumpang Pelindo.

Setibanya di pelabuhan, lelaki ini menolak ketika akan dilakukan pemeriksaan badan oleh petugas Bea Cukai yang memeriksa barang bawaan penumpang. Bahkan Syamsuddin berupaya menyuap petugas dengan memberikan sejumlah uang supaya diizinkan lewat.
 
Karena mencurigai gerak-gerik warga Aceh ini, petugas langsung melakukan pemeriksaan tubuh dengan manual dan menggunakan alat X Ray dan akhirnya menemukan sabu yang terbungkus dalam tujuh kantong plastik terikat di pinggang dan tersimpan di saku celana pelaku.
 
Kedapatan membawa barang haram, petugas langsung meringkus tersangka dan membawa barang bukti sabu-sabu untuk ditindaklanjuti proses secara hukum ke kantor BC Dumai di Jalan Datuk Laksamana, Kecamatan Dumai Kota. Usai dilakukan pemeriksaan, tersangka beserta barang bukti sabu selundupan seberat 700 gram dilimpahkan ke Polres Dumai guna diproses hukum.
 
Kepala Kantor BC Madya Pabean Dumai, Dwijo mengatakan, selain mengamankan tersangka dan sabu-sabu, petugas juga menyerahkan alat bukti lainnya, yaitu satu unit Handpone merk Nokia, KTP dan Paspor milik tersangka. Barang bukti sabu tersebut, menurut Dwijo, direncanakan tersangka akan dibawa dan dipasarkan ke Pulau Batam, Propinsi Kepulauan Riau dengan terlebih dahulu transit di kota Dumai.
 
“Tersangka telah kita periksa dan selanjutnya semua barang bukti dan pelaku sudah kita serahkan ke pihak berwajib untuk kepentingan penyelidikan lebih lanjut dan diproses sebagaimana mestinya. Akibat perbuatannya, melanggar Pasal 112 UU NO 35 Tahun 2009, maka tersangka terancam pidana penjara seumur hidup,” papar Dwijo kepada wartawan, Minggu (28/4) di Dumai.
 
Sementara Kapolres Dumai, AKBP Ristiawan Bulkaini menyatakan, pihaknya telah menerima pelimpahan tersangka penyelundup sabu-sabu dari BC Dumai yang ditangkap di wilayah hukum terminal pelabuhan penumpang Dumai. Sejumlah barang bukti yang telah diserahkan, diantaranya, tujuh paket yang diduga narkoba jenis sabu-sabu, Passport denhan no A 1894562, uang sebanyak Rp 1.463.000 dan RM 4351 ringgit Malaysia, 30 dollar Singapura, satu gulung gumpalan kertas koran, lima lembar imo pasennger list MV Indomal Express 3, satu helai celana panjang warna coklat dan satu unit HP merk Nokia tipe 103.

“Tersangka dan barang bukti telah kita amankan dan akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya,” kata Kapolres. (dik)


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus