Situs Portal Berita Riau
facebook twitter fokusriau on google plus
Fokus Otomotif

Begini Cara Manjur Usir Panas Ketika Mobil Parkir di Terik Matahari

Jumat, 23 Agustus 2019

Ilustrasi. (Foto:Otospektor)

PEKANBARU-Saat parkiran gedung penuh, para pemilik mobil terpaksa harus menaruh kendaraan mereka di luar ruangan. Cuaca terik, bisa membuat suhu kabin menjadi sangat panas.

Sebab, umumnya kaca sengaja ditutup penuh, demi menghindari aksi pencurian. Risikonya, hawa panas terperangkap di dalam, dan membuat pengemudi gerah saat masuk ke dalam kabin.

Hal pertama yang dilakukan usai menghidupkan mesin mobil, adalah menyalakan penyejuk kabin. Namun, cara itu dianggap tidak bagus untuk jangka waktu lama. Untuk meredakan suhu, ada beberapa langkah yang bisa diterapkan. Berikut daftarnya, dilansir dari laman resmi Nissan, Kamis (22/8/2019).

1. Buka kaca jendela
Meski suhu di luar sedang panas-panasnya, tetap buka kaca mobil. Tujuannya, agar ada sirkulasi hawa, karena suhu kabin lebih panas dari luar.

2. Nyalakan AC sesudah mesin hidup
Beberapa orang membiarkan tombol AC dalam kondisi on, saat mematikan mesin. Ketika mesin dihidupkan, otomatis penyejuk kabin itu juga berfungsi. Cara itu bisa memberi beban lebih pada sistem kelistrikan, dan berpotensi merusak peranti AC.

3. Arahkan AC ke belakang
Ada yang tidak tahan dengan suhu panas, sehingga memonopoli hawa sejuk yang keluar dari lubang AC. Hal itu membuat sirkulasi udara di belakang kurang maksimal, sehingga penumpang merasa gerah lebih lama. (*)





Editor: Boy Surya Hamta
Sumber: Viva.co.id


Berita terkait :

Terkini
Terpopuler


riau riau
 
situs portal berita riau
fokusriau on facebook fokusriau on twitter fokusriau on google plus